Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32329Keywords:
Metode Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi belajar tutor sebaya dan motivasi terhadap hasil belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA yang berjumlah 123 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel motivasi belajar dan tes objektif untuk mengukur hasil belajar. Uji hipotesis menggunakan analisis komparasi dua kelompok data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar TIK siswa yang diajar menggunakan metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Perbedaan hasil belajar antara siswa terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kedua kelas. Hasil belajar TIK siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kedua kelompok. Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi mendapat nilai rata – rata hasil belajar tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar.
References
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.
Amri, N. U. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Ceramah pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2774.
April, V. N., & Soenyoto, T. (2018). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK) The. Journal of Physical Education, 1(1), 1–15. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/article/view/10544/4637.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 16–34. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021.
Hayati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Peningkatan Aspek Afektif Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(2). https://doi.org/10.30651/jms.v2i2.1133.
Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301.
Kurniawan, A. (2019). Utilization of Information and Communication Technologies ( ICT ) for Learning in SMPN 5 Ponorogo , East Java. Jurnal Teknodik, 23(1), 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369.
Lestari, A. W., Mangesa, R. T., & -, M.-. (2020). Penerapan Tutor Sebaya Dalam Implementasi Strategi CIRC Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Makassar. Jurnal MediaTIK, 3(3), 13. https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i3.15174.
Mahsup, Ibrahim, Muhardini, S., Nurjannah, & Eka Fitriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan, 6(3), 609–616. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673.
Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 951–952. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127.
Patmanthara, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pengembangan Pembelajaran Melalui Web Sekolah. Jurnal Teknodik, 10(19), 056. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.393.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.
Wendi, D. (2020). The 2013 Curriculum Implementation Review The Pedagogical Competence And Mastery Of Information And Communication Technology Teachers At SD Negeri. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 128–134. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.881.
Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal of Education, 6(2), 01. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)