Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin)

Authors

  • Lisa Ardiani Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
  • Ridwan . Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan context, input, process, product program praktik kerja industri di SMK Negeri 6 Bungo. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Metodologi yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Methods) dengan desain urutan pembuktian (Sequential Explanatory). Penelitian dilaksanakan di SMK negeri 6 Bungo. Subjek pada penelitian  ini adalah siswa yang telah melaksanakan prakerin, ketua pokja dan beberapa orang pembimbing prakerin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket, dan wawancara. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa tingkat ketercapaian program prakerin pada variabel context program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 93,99% dengan kategori sangat baik. Variabel input  program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 91,52% dengan kategori sangat baik. Variabel process program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 97,62% dengan kategori  sangat baik. Variabel product program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo  sebesar 78,80% dengan kategori baik. Tujuan prakerin di SMK Negeri 6 Bungo belum sepenuhnya tercapai, strategi pelaksanaan, prosedur penempatan siswa penjadwalan prakerin telah dilaksanakan sesuai prosedur dan komunikasi dengan DU/DI ditingkatkan. Kerja sama dengan industri perlu ditingkatankan.

References

Arikunto, S dan C.S.A Jabar 2009. Evaluasi program pendidikan pedomn teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2014. Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Depdikbud 2003

Endang, Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Imam Susanto, Aris Ansori. 2015. Evaluasi Pelaksanan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. JPTM. 4 (1). 64-70

Llorens, A., Berbegal-Mirabent, J., & Llinàs-Audet, X. (2017). Aligning Professional Skills And Active Learning Methods: An Application For Information And Communications Technology Engineering. European Journal Of Engineering Education, 42(4), 382-395.

Mardi Rasyid. 2008. Dukungan Industri Terhadap Keberhasilan Pendidikan Sistem Ganda Di Sumatera Barat. Forum pendidikan, UNP No. 01 Tahun XXIII hal.53-67

Muh. Nasir Malik, Hasanah. 2015. Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. 18(2). 82-91

Novi Hendri Adi. 2015. Evaluasi Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 2 Lubuk Basung. Jurnal Industri Kreatif (IJK). 2(1)65-73

Peng, L., Zhang, S., & Gu, J. (2016). Evaluating The Competency Mismatch Between Master Of Engineering Graduates And Industry Needs In China. Studies In Higher Education, 41(3), 445-461.

Ridwan. 2012. Pengantar Statiska. Bandung: Alfabeta

Sadewa Aji Waskitha, Nur Kholis. 2015. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Student UNY. 5(3). 71-78

Siti Umi Khayatun, Edy Supriyadi.2013. Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMKN 1 Pengasih, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi. 13(3). 320-333

Soenaryo D, dkk. (2002). Sejarah pendidikan teknik kejuruan di Indonesia, membangun manusia produktif. Jakarta: Direktorat Dikmenjur

Sweetser, K. D., & Kelleher, T. (2016). Communicated Commitment And Conversational Voice: Abbreviated Measures Of Communicative Strategies For Maintaining Organization-Public Relationships. Journal Of Public Relations Research, 28(5-6), 217-231.

Suharsimi, Cepi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Tamrin, A. G. 2008. Pendidikan sistem ganda pada sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. 1 (1). 48-49

Tifa Wisanti, Dkk. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Dengan Model Contexs, Input, Process, Dan Product (Cipp) Pada Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember. Jurnal Pendidikan dan Humaniora. 52(1). 1-13

Wahyu Nurharjadmo. 2008. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan. Spirit Publik .4(2). 215-228

Wakhinuddin. 2014. Evaluasi Program. Padang: UNP Press

Wardiman Djojonegoro. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Ardiani, L., & ., R. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 194–200. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25300

Issue

Section

Articles