Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25300Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan context, input, process, product program praktik kerja industri di SMK Negeri 6 Bungo. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Metodologi yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Methods) dengan desain urutan pembuktian (Sequential Explanatory). Penelitian dilaksanakan di SMK negeri 6 Bungo. Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang telah melaksanakan prakerin, ketua pokja dan beberapa orang pembimbing prakerin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket, dan wawancara. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa tingkat ketercapaian program prakerin pada variabel context program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 93,99% dengan kategori sangat baik. Variabel input program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 91,52% dengan kategori sangat baik. Variabel process program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 97,62% dengan kategori sangat baik. Variabel product program prakerin di SMK Negeri 6 Bungo sebesar 78,80% dengan kategori baik. Tujuan prakerin di SMK Negeri 6 Bungo belum sepenuhnya tercapai, strategi pelaksanaan, prosedur penempatan siswa penjadwalan prakerin telah dilaksanakan sesuai prosedur dan komunikasi dengan DU/DI ditingkatkan. Kerja sama dengan industri perlu ditingkatankan.
References
Arikunto, S dan C.S.A Jabar 2009. Evaluasi program pendidikan pedomn teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. 2014. Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Depdikbud 2003
Endang, Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Imam Susanto, Aris Ansori. 2015. Evaluasi Pelaksanan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. JPTM. 4 (1). 64-70
Llorens, A., Berbegal-Mirabent, J., & Llinàs-Audet, X. (2017). Aligning Professional Skills And Active Learning Methods: An Application For Information And Communications Technology Engineering. European Journal Of Engineering Education, 42(4), 382-395.
Mardi Rasyid. 2008. Dukungan Industri Terhadap Keberhasilan Pendidikan Sistem Ganda Di Sumatera Barat. Forum pendidikan, UNP No. 01 Tahun XXIII hal.53-67
Muh. Nasir Malik, Hasanah. 2015. Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. 18(2). 82-91
Novi Hendri Adi. 2015. Evaluasi Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 2 Lubuk Basung. Jurnal Industri Kreatif (IJK). 2(1)65-73
Peng, L., Zhang, S., & Gu, J. (2016). Evaluating The Competency Mismatch Between Master Of Engineering Graduates And Industry Needs In China. Studies In Higher Education, 41(3), 445-461.
Ridwan. 2012. Pengantar Statiska. Bandung: Alfabeta
Sadewa Aji Waskitha, Nur Kholis. 2015. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Student UNY. 5(3). 71-78
Siti Umi Khayatun, Edy Supriyadi.2013. Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMKN 1 Pengasih, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi. 13(3). 320-333
Soenaryo D, dkk. (2002). Sejarah pendidikan teknik kejuruan di Indonesia, membangun manusia produktif. Jakarta: Direktorat Dikmenjur
Sweetser, K. D., & Kelleher, T. (2016). Communicated Commitment And Conversational Voice: Abbreviated Measures Of Communicative Strategies For Maintaining Organization-Public Relationships. Journal Of Public Relations Research, 28(5-6), 217-231.
Suharsimi, Cepi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Method). Bandung: Alfabeta
Tamrin, A. G. 2008. Pendidikan sistem ganda pada sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. 1 (1). 48-49
Tifa Wisanti, Dkk. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Dengan Model Contexs, Input, Process, Dan Product (Cipp) Pada Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember. Jurnal Pendidikan dan Humaniora. 52(1). 1-13
Wahyu Nurharjadmo. 2008. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan. Spirit Publik .4(2). 215-228
Wakhinuddin. 2014. Evaluasi Program. Padang: UNP Press
Wardiman Djojonegoro. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)