ANALISIS KEBUTUHAN STUDI IMPLEMENTASI LINK AND MATCH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI)

Authors

  • sri kurnia yuliarnis Universitas Negeri Padang
  • waskito waskito

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25602

Keywords:

Studi Implementasi, Link and Match

Abstract

Penelitian analisis kebutuhan ini terdiri atas studi lapangan dan studi literatur. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan program link and match yang sudah terlaksana di SMKS Adzkia, SMKN 6 Padang, dan SMK Muhammadiyah 1 Padang untuk mengetahui keterserapan lulusan SMK di Dunia Usaha/Dunia Industri, 2) program link and match tersebut terdiri dari sinkronisasi kurikulum, praktik kerja lapangan, kunjungan industri, unit produksi, dan uji kompetensi keahlian. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang WKS Humas perwakilan dari masing masing sekolah. Data diperoleh dengan menggunaakan teknik wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) SMK menduduki Tingkat Pengangguran Terbuka tertinggi baik ditingkat nasional maupun tingkat Provinsi Sumatera Barat, 2) Terdapat Sekolah yang belum melibatkan DU/DI dalam penyusunan kurikulum TKJ, 3) Ketika Prakerin terdapat siswa yang diberikan job yang tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, 4) program kunjungan industri yang belum optimal sebab industri yang dikunjungi kurang sesuai dengan kompetensi siswa, 5) fasilitas praktikum siswa yang belum bisa mengikuti perkembangan peralatan yang ada di lingkungan DU/DI, 6) uji kompetensi keahlian siswa masih dilakukan secara mandiri, dan belum melibatkan industri mitra dalam memberikan penilaian dan sertifikat keahlian kepada siswa.

 

References

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Malik, O. (2011). Pengembangan SDM untuk Pelatihan Ketenagakerjaan Terpadu. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Ningsih, D. R. (2016). Potret Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Smk) Program Keahlian Akuntansi Dengan Dunia Kerja Di Smk Negeri 1 Ngawi. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(5), 537-547.

Robts, J. (2013). Career Mobility, Job Match and Over Education. Eastern Economic Journal, 21(4).

Soesilowati, E.S. (2009). Link and Match Dunia Pendidikan dan Industri dalam Meningkatkan Daya Saing Tenaga Kerja dan Industri. Jakarta: LIPI Press.

Statistik, B. P. (2018). Statistik Indonesia Tahun 2018. Jakarta: BPS.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatitif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

yuliarnis, sri kurnia, & waskito, waskito. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN STUDI IMPLEMENTASI LINK AND MATCH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 294–302. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25602

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)