Penhgaruh Model Probing Prompting Terhadap Komunikasi Matematika Siswa SD

Authors

  • Ni Made Fitri Suyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26805

Keywords:

Probing Prompting, komunikasi matematika, siswa kelas V SD

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permsalahan matematika dengan bahasanya sendiri disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran. Sumber terkait komunikasi matematika siswa SD masih kurang, sehingga penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap komunikasi matematika siswa sekolah dasar dengan rancangan penelitian posttest-only no treatment control design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas V dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 212 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes uraian (essay) dan dilengkapi rubrik penilaian, kemudian dilaksanakan perhitungan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov serta uji homogenitas varians menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t polled varians.  Hasil perhitungan memperoleh thitung = 3,25 > ttabel 1,99 dengan α = 5% dan dk = 73 , maka dari itu diperoleh keputusan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh signifikan terhadap komuikasi matematiksa siswa kelas V sekolah dasar.

Author Biographies

Ni Made Fitri Suyani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alfian, Dwijanto, & Sunarmi. (2017). Effectiveness of Probing-prompting Learning Models with Scaffolding Strategy to Mathematic Creative Thinking Ability and Enthusiasm. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 249–257. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.17172

Amelia, & Isrok’atun. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Amin, A., & Siti Partini Suardiman. (2016). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf

Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25. file:///C:/Users/ACER-PC/AppData/Local/Temp/148-Article Text-429-1-10-20190225.pdf

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7

Astuti, I. a. D., Sukajaya, I. N., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 8–19. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/JPM/article/view/2839

Danaryanti, A., & Tanaffasa, D. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2283

Dian, L. (2018). Mama dan Arga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Kecandran 01.

ElSheikh, R. M., & Najdi, S. D. (2013). Math Keyboard Symbols and Its Effect in Improving Communication in Math Virtual Classes. International Journal of Information and Education Technology, 3(6), 638–642. https://doi.org/10.7763/ijiet.2013.v3.352

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Font, V., Godino, J. D., & D’Amore, B. (2010). Representations in matematics education. An onto-semiotic approach. Jornal Internacional de Estudos Em Educação Matemática, 2, 58–86. https://scholar.google.com

Huda miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar Offset.

Maita Damayanti. (2013). Pengaruh Media Scrapbook ( Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. 803–811. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/cbo9781107415324.004

Malikah. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Pada Mata Kuliah Kalkulus 3 Program Studi Teknik Sipil. Dk, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 30–37. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/128

Mz, Z. A., & Angela, F. (2020). Penerapan Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP. 3(1), 352–356. file:///C:/Users/ACER-PC/AppData/Local/Temp/974-13-2112-1-10-20200214.pdf

Nelwati, S., & Yeni, Y. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik yang Diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning Pada Kelas Vii Mtsn Bungus Teluk Kabung Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Math Educa Journal, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.268

Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196

Phillips, E., & Crespo, S. (2000). Developing Written Communication in Mathematics Through Math Penpal Letters. For the Learning of Mathematics - An International Journal of Mathematics Education, 16(1), 15–22. https://fokt.pw/developing_written_communication.pdf

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Retnawati, H. (2017). Validitas dan reliabilitas konstruk skor tes kemampuan calon mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 126–135. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10973

Salam, R. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 108–116. http://ojs.unm.ac.id/indek.php/lnsani/article/viewFile/4820/2754

Sari, & Saputri, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Jurnal, J M N Nusantara, 3(1), 1–12. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/95/85

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sri Astuti, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa di SMP Negeri 193 Jakarta. Elsevier, 01, 295–304. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2755/806

Sudana, D. N. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Ilmiah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.14098

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Syamsir, N. F., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Probing-Prompting untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5642

Usmiati A, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa SMK Sentosa Buay Madang. Prosiding Seminar Nasional, 508–514. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1853

Widana, I. W. (2019). Modul Penyusunan Soal HOTS. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS_Dit PSMA 2017.pdf

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Suyani, N. M. F., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Penhgaruh Model Probing Prompting Terhadap Komunikasi Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 379–389. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26805

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)