Penhgaruh Model Probing Prompting Terhadap Komunikasi Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26805Keywords:
Probing Prompting, komunikasi matematika, siswa kelas V SDAbstract
Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permsalahan matematika dengan bahasanya sendiri disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran. Sumber terkait komunikasi matematika siswa SD masih kurang, sehingga penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap komunikasi matematika siswa sekolah dasar dengan rancangan penelitian posttest-only no treatment control design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas V dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 212 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes uraian (essay) dan dilengkapi rubrik penilaian, kemudian dilaksanakan perhitungan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov serta uji homogenitas varians menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t polled varians. Hasil perhitungan memperoleh thitung = 3,25 > ttabel 1,99 dengan α = 5% dan dk = 73 , maka dari itu diperoleh keputusan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh signifikan terhadap komuikasi matematiksa siswa kelas V sekolah dasar.
References
Alfian, Dwijanto, & Sunarmi. (2017). Effectiveness of Probing-prompting Learning Models with Scaffolding Strategy to Mathematic Creative Thinking Ability and Enthusiasm. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 249–257. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.17172
Amelia, & Isrok’atun. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Amin, A., & Siti Partini Suardiman. (2016). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25. file:///C:/Users/ACER-PC/AppData/Local/Temp/148-Article Text-429-1-10-20190225.pdf
Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7
Astuti, I. a. D., Sukajaya, I. N., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 8–19. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/JPM/article/view/2839
Danaryanti, A., & Tanaffasa, D. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2283
Dian, L. (2018). Mama dan Arga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Kecandran 01.
ElSheikh, R. M., & Najdi, S. D. (2013). Math Keyboard Symbols and Its Effect in Improving Communication in Math Virtual Classes. International Journal of Information and Education Technology, 3(6), 638–642. https://doi.org/10.7763/ijiet.2013.v3.352
Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213
Font, V., Godino, J. D., & D’Amore, B. (2010). Representations in matematics education. An onto-semiotic approach. Jornal Internacional de Estudos Em Educação Matemática, 2, 58–86. https://scholar.google.com
Huda miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar Offset.
Maita Damayanti. (2013). Pengaruh Media Scrapbook ( Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. 803–811. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/cbo9781107415324.004
Malikah. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Pada Mata Kuliah Kalkulus 3 Program Studi Teknik Sipil. Dk, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 30–37. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/128
Mz, Z. A., & Angela, F. (2020). Penerapan Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP. 3(1), 352–356. file:///C:/Users/ACER-PC/AppData/Local/Temp/974-13-2112-1-10-20200214.pdf
Nelwati, S., & Yeni, Y. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik yang Diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning Pada Kelas Vii Mtsn Bungus Teluk Kabung Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Math Educa Journal, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.268
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196
Phillips, E., & Crespo, S. (2000). Developing Written Communication in Mathematics Through Math Penpal Letters. For the Learning of Mathematics - An International Journal of Mathematics Education, 16(1), 15–22. https://fokt.pw/developing_written_communication.pdf
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118
Retnawati, H. (2017). Validitas dan reliabilitas konstruk skor tes kemampuan calon mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 126–135. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10973
Salam, R. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 108–116. http://ojs.unm.ac.id/indek.php/lnsani/article/viewFile/4820/2754
Sari, & Saputri, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Jurnal, J M N Nusantara, 3(1), 1–12. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/95/85
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sri Astuti, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa di SMP Negeri 193 Jakarta. Elsevier, 01, 295–304. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2755/806
Sudana, D. N. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Ilmiah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.14098
Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Syamsir, N. F., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Probing-Prompting untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5642
Usmiati A, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa SMK Sentosa Buay Madang. Prosiding Seminar Nasional, 508–514. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1853
Widana, I. W. (2019). Modul Penyusunan Soal HOTS. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS_Dit PSMA 2017.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)