PERBANDINGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSSING SEBAGAI METODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Tesya Agustina Anggraeni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Henny Dewi Koeswati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.28022

Keywords:

Problem Based Learning, Problem Possing, Prestasi Belajar

Abstract

Tidak adanya perubahan keberhasilan atau prestasi belajar pada peserta didik karena kurang aktif serta kurang ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Guru harus memberikan solusi dengan cara metode Problem Based Learning dan Problem Possing karena memiliki persamaan menuntut peserta didik untuk aktif dalam memecahkan masalah. Maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan Problem Based Learning dan Problem Possing terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan kepustakaan deskriptif guna mencari jawaban atas permasalahan yang dicari dengan data yang didapat dari hasil penelitian orang lain yang dapat dipercaya. Data analisis dengan menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan tiga kategori yaitu kredibilitas, keteralihan hasil penelitian, dan kebergantungan penelitian terhadap data yang didapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning lebih unggul dalam prestasi belajar karena dalam pemecahan masalah peserta didik mampu mentransfer serta mengembangkan pengetahuannya di kehidupan nyata tanpa membedakan tingkat kemampuan peserta didik serta dalam pembelajaran guru merupakan narasumber utama. Hal ini berbeda dengan Problem Possing hanya peserta didik yang berkemampuan tinggi bisa mengikuti pembelajaran karena tidak semua peserta didik mampu mengajukan dan menyelesaikan masalah itu sendiri tanpa bimbingan guru.

 

 

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal Of Mathematics Education, Sciences and Technology, 4(1), 95-107

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100-108.

Aunurrahman. 2011. “Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2015, 3.3.

Khatibah, K. (2011). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.

Koeswati, H.D (2018). Eksperimen Model Kooperatif Learning Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. Salatiga: Satya Wacana Universitas Press.

Mahendra, K., Agustini, K., Si, S, M., Santyadiputra, G. S., & ST, M.C. (2016). Studi Komparatif Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Tik Smp Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 5(2).

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Nasution, S. (1987). Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Pranantyo, A., & Supriyono, E (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning Dan Problem Possing Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo Tahun Ajaran Pelajaran 2012/2013. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika. 6(2).

Rohman, A. (2009). Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan. Laks-Bang Mediatama, 9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Solihatin, E dan Raharjo, 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-10

How to Cite

Anggraeni, T. A., & Koeswati, H. D. (2020). PERBANDINGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSSING SEBAGAI METODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 414–421. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.28022

Issue

Section

Articles