E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Made Sri Astika Dewi Universitas Triatma Mulya
  • Nyoman Ayu Putri Lestari Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035

Keywords:

E-Module, Interactive, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan E-modul interaktif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, yang tercatat terbagi dalam 5 kelas yang berjumlah 133 siswa. Dalam penelitian ini sampel di tetapkan dari populasi dengan menggunakan Teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dilengkapi dengan rubrik penilaian. Kemudian dilaksanakan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data tersebut homogen dengan hasil uji 0,503 dan signifikansi 0,481 yang jauh lebih besar dari signifikansi alpha 5%. Dengan demikian hasil uji dengan asumsi homogenitas terpenuhi adalah -2,407 dengan signifikansi 0,019. Jika ditetapkan taraf signifikansi alpha 5% maka signifikansi hasil pengujian lebih kecil dari signifikansi alpha  (0,019<0,05). Jadi, e-modul interaktif berbasis proyek berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

References

Afrila, D., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Dengan Software Adobe Flash pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 539. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.521

Ahmad, K., & Lestari, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia Sd Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 183–193. https://doi.org/10.21009/pip.222.10

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Gava Media.

Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Fauziah, I. Z., Sutrisno, & Suwarni. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 154–159. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1703

Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). the Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Komang Redy Winatha, N., Suharsono, & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/21840/13513

Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2738

Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/download/6272/4723

Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102

Retariandalas. (2017). Pengaruh Minat Membaca Dan Motivasi Belajar. 7(2), 190–197. https://media.neliti.com/media/publications/234855-pengaruh-minat-membaca-dan-motivasi-bela-cc7e065e.pdf

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Rita, & Situmorang, J. (2014). Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis internet pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2), 191–200.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/viewFile/2127/1567

Downloads

Published

2020-09-08

How to Cite

Dewi, M. S. A., & Putri Lestari, N. A. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035