Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA

Authors

  • Putu Krisna Surya Dharma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164

Keywords:

Multimedia Online, ADDIE, IPA

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada pembelajaran daring, khususnya pada media dan alat evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia Online pada muatan pelajaran IPA. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh dengan presentase sebagai berikut ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 90,00 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 87,50 dengan kualifikasi baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 92,67 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia Online ini layak digunakan pada muatan pelajaran IPA kelas V.

Author Biographies

Putu Krisna Surya Dharma, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Anak Agung Gede Agung, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242.

Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.737

Jumasa, M. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di MTSN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287.

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash Cs3 Untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681.

Kinanti, M. D., & Subagio, F. M. (2020). Pengembangan Lkpd Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(3), 539–548. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35318.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19335.

Muhammad, S. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pada Siswa Smp N 1 Banyubiru Kabupaten Semarang) Tahun 2020. PT Remaja Rosdakarya, 2(4), 108. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/8988/.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org//10.30656/gauss.v3i1.2127.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5770.

Novita, Sukmanasa, & P. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80.

Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499.

Rusman. (2013). Pembelajaran Berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Rajawali Pers.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500.

Saurina. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27.

Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. CV Alfabeta.

Sudihartono, Y. (2020). Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 5(1), 1–15.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Trianto. (2009). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Widjiningsih, Sugiyono, & G. (2014). Efektivitas Dan Efisiensi Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video. Di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan, 1(33), 62–70. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1862.

Wisudawati, W., & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Dharma, P. K. S., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115–123. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164

Issue

Section

Articles