E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58538Keywords:
ADDIE, E-Modul, PBL, MatematikaAbstract
Pelaksanaan penelitian ini didasari oleh berapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika yaitu pembelajaran masih berpusat kepada guru dengan menggunakan metode ceramah dan masih menggunakan media yang bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan valid dan efektif untuk pembelajaran. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Dari penelitian ini didapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara sebelum dan sesudah menggunakanm E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem based learning terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
References
Agung, G. A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.
Asriningtyas, A. N., Kristina, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32.
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018a). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018b). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364 .
Fahyuni, E. F., Wasis, W., Bandono, A., & Arifin, M. B. U. B. (2020). Integrating Islamic values and science for millennial students’ learning on using seamless mobile media. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23209.
Farid, A., & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138.
Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783
Hamid, S. N. M., Lee, T. T., Taha, H., Rahim, N. A., & Sharif, A. M. (2021). E-content module for Chemistry Massive Open Online Course (MOOC): Development and students’ perceptions. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 67–92. https://doi.org/10.3926/jotse.1074.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734.
Khoiriyah, A., Biologi, H. H.-J. (Jurnal P., & 2018, undefined. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. Ejournal.Umm.Ac.Id, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.
Kismiati, D. (2020). Implementasi E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.1.
Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 43. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20175.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/828/570.
Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker untuk Subtema Pekerjaan di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342.
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825.
Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.
Nurwidayanti, D., & Mukminan. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–104. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177.
Pramana, J., & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Prasetya, I. G. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 96–99. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9885.
Prawiradilaga, Dewi, S. (2015). Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles). Prenada Media.
Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 245. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2736. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759.
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7271–7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470.
Restina, & Husni, R. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Koto Baru. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 9(1), 319–331. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1124.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-modul kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709.
Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android Untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 296–304. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26–36. https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205.
Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559.
Suartama. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran.
Sudarma, I. ., & Sukmana, A. I. W. Y. (2022). Improving Children’s Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content. International Journal of Elementary Education, 6(1), 118–126. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/41464.
Sudarma, I. K., Teguh, I. M., & Prabawa, D. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140.
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16.
Sulistiana, E., Nadzifah, W., & Arifin, M. S. (2019). Intensive English Program (IEP) Meningkatkan Penguasaan Vocabulary. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.46.
Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. 1–23.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Untuk SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1–10. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/90/88.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.
Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712.
Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 163–176. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21.
Yuliastuti, R & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks`. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2270–2284. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.811.
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Melyastiti, Anak Agung Gede Agung, I Komang Sudarma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)