Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Project based learning, IPSAbstract
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru hanya berpatokan pada buku ajar yang didapatkan dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning pada muatan materi IPS kelas IV Sekolah Dasar. Subjek validasi penelitian yaitu: 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (a) hasil review ahli isi materi mata pelajaran menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan pesentase (92,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan persentase (93,00%). (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan pesentase (93,00%), (d) hasil uji peorangan menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan persentase (94,04%). Jadi simpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis project based learning berada pada kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas IV SD.
References
Agung, A. A. G. (2017). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. https://www.researchgate.net/profile/Indah-Agustina/publication/341788018_Pentingnya_berpikir_kritis_dalam_pembelajaran_matematika_di_era_revolusi_industri_40/links/5ed4bcf8299bf1c67d322264/pentingnya-berpikir-kritis-dalam-pembelajaran-matematika-di-era-r.
Aisyah, L., & Rohayati, S. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1), 41–47. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25265.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230.
Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/2521171074.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280.
Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 14. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.318.
Khairul, F., Apertha, P., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1905.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 284. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150.
Lestari, N. K. T., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah terhadap hasil belajar IPS. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 290–297. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.
Mukti, F., Connie, C., & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57–63. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63.
Murti, S., & Muhtadi. (2019). Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Se-Kabupaten Musi Rawas. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 159–172. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239.
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830.
Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 543–556. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2465/1963.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342.
Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/6834.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Rahayuningsih, D. I., Mustaji, & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733.
Rahman, E. S., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). Pengembangan Buku Saku Tematik Sd Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.28.
Saidah, N., Parmin, & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.
Saputri, D., Irianto, S., & Bintaro, T. Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 98–102. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1483.
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sunardin, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(2), 116–122. https://doi.org/10.26858/ijes.v21i2.8641.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial;Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25.
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia, XI(1), 65–79. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/394/343.
Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130.
Wulandari, R., & Novita, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Unesa Journal Chemical Education, 7(2), 129–135. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/23880/21823.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)