Strategi Kreatif Media Cerita Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keterampilan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Kelas V

Authors

  • Cokorda Sri Pradnya Swari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63465

Keywords:

Membaca Pemahaman, Nilai-nilai Pancasila, Cerita Bergambar

Abstract

Keterampilan membaca harus dikuasai siswa di sekolah dasar karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kreatif media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment dalam bentuk non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 199 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini meggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan memahami isi bacaan pada siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 3,357 lebih dari ttabel sama dengan 1,991, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa. Implikasi penelitian yaitu penerapan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Published

2023-12-29

How to Cite

Swari, C. S. P. ., & Sujana, I. W. . (2023). Strategi Kreatif Media Cerita Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keterampilan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Kelas V . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63465