Strategi Kreatif Media Cerita Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keterampilan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63465Keywords:
Membaca Pemahaman, Nilai-nilai Pancasila, Cerita BergambarAbstract
Keterampilan membaca harus dikuasai siswa di sekolah dasar karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kreatif media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment dalam bentuk non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 199 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini meggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan memahami isi bacaan pada siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 3,357 lebih dari ttabel sama dengan 1,991, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa. Implikasi penelitian yaitu penerapan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cokorda Sri Pradnya Swari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)