ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS NEARPOD

Alkhadad Feri, Zulherman Zulherman

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi awal untuk merancang draft media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi awal adalah studi literatur dan studi lapangan. Studi literatur dilaksanakan dengan mengumpulkan penelitian dan sumber yang relevan seta melakukan pengkajian konsep-konsep pada materi IPA sebagai dasar dari pengembangan media interaktif berbasis Nearpod sedangkan pada studi lapangan dilakukan dengan cara survey lapangan dengan menyebarkan angket kebutuhan media menggunakan kuesioner dalam bentuk google form ke beberapa sekolah. Berdasarkan analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod melibatkan 15 responden. 100%  guru pernah menggunakan media berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran, jenis media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) yang sering digunakan adalah PPT (71,4%), Video Flash (42,9%), Video Youtube (14,3%), Quiziz, Zoom, Google Meet, Google Classroom dan Rumah Juara (7,1%). 100% guru memperoleh media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) dari internet. 100% guru menganggap perlu dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Article Metrics

Abstract view : 701 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.