Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod

Authors

  • Alkhadad Feri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulherman Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Keywords:

Analisis Kebutuhan, IPA, Nearpod

Abstract

Pada pembelajaran dalam masa pandemi sangat beragam jenis media yang digunakan dan manajemen sekolah tidak memfasilitasi kesamaan media yang digunakan sesuai karakteristik siswa. Hal tersebut menuntut guru menjadi mandiri dalam menentukan media yang digunakan dalam mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 14 responden, sedangkan objek penelitian ini adalah analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan informasi awal adalah studi literatur dan studi lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu angket kebutuhan media berupa kuesioner dalam bentuk google form ke beberapa sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 100% guru pernah menggunakan media berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran. Jenis media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) yang sering digunakan adalah PPT (71,4%), Video Flash (42,9%), Video Youtube (7,1%), Quiziz, Zoom, Google Meet, Google Classroom (7,1%), Rumah Juara (7,1%), dan 100% guru memeroleh media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) dari internet. Simpulan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai media yang mendukung proses pembelajaran. Implementasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan analisis kebutuhan pengembangan media yang dapat dilanjutkan pada tahap pengembangan, khususnya untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod.

References

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456.

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105.

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512.

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261–267. https://doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540.

Audia, C., Yatri, I., Aslam, A., Mawani, S., & Zulherman, Z. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012114. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114.

Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi melalui Model Cooperative Learning. Jurnal Edukasi, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155.

Djannah, M., Zulherman, Z., & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012121. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121.

Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 1–40. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132.

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417.

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan metode eksperimen berbantu media benda konkret terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513.

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765.

Khoir, M. H., Murtinungraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453.

Khomarudin, A. N., Efriyanti, L., & Tafsir, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72–87. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543.

Kirna, I. (2012). Pemahaman Konseptual Pebelajar Kimia Pemula dalam Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 88–97. https://doi.org/10.17977/jip.v18i1.3387.

Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 5(1), 317–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678.

Mahadewi, N. K. N., Ardana, I. M., & Mertasari, N. M. S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 338–350. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3606.

Maharuli, F. M., & Zulherman. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966.

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246.

Muharram, Lodang, H., Nurhayati, & Tanrere, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan di Lingkungan Sekitar melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 311–320. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.522.

Nurhadi, & Sobri, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android dalam Meningkatan Kwalitas Pembelajaran Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 8(3), 137–144. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.74.

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44–50. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50.

Pratiwi, M. S., Zulherman, Z., & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012115. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414.

Riani, S., Hindun, I., & Krisno Budiyanto, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas XII Sma. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i1.2298.

Roza, L., Aulia, N., & Zulherman, Z. (2021). Analisa Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Data Statistik Pengguna Aplikasi Startup Pendidikan Selama Wabah Pandemi Covid-19 Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 407–420. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20396.

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259.

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.

Suartama, I. K., Usman, M., Triwahyuni, E., Subiyantoro, S., Abbas, S., Umar, Hastuti, W. D., & Salehudin, M. (2020). Development of E-Learning Oriented Inquiry Learning Based on Character Education in Multimedia Course. European Journal of Educational Research, 9(4), 1591–1603. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1591.

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal Of Elementary Education, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399.

Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa Smp di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 203–218. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3258.

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1–18. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2147.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418–426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127