Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X

Ida Ayu Kade Wijayanti, I W. Subagia, Siti Maryam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 di kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukasada yang difokuskan pada: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) penilaian pembelajaran, dan (d) faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Komponen silabus berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Komponen RPP berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tetapi tujuan pembelajaran belum mengacu pada Kompetensi Dasar; (b) Pelaksanaan pembelajaran berjalan kurang sesuai dengan RPP yang disiapkan; (c) Penilaian pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dan pengetahuan terlaksana dengan baik, tetapi penilaian keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi pelatihan peningkatan kompetensi guru, buku pegangan peserta didik, handphone, layanan e-learning Melajah.id., dan bantuan kuota internet dari pemerintah, sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi kesulitan menyusun tujuan pembelajaran, rendahnya motivasi belajar peserta didik, tidak adanya interaksi langsung antara guru dengan peserta didik, dan keterbatasan kuota internet. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 di kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukasada belum berjalan optimal.


Keywords


Pengelolaan, Pembelajaran Sains, Pandemi Covid-19

References


Ali, L.U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains Pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103-112. Tersedia pada http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1020. Diakses pada 20 November 2020.

Daryanto & M. Rahardjo (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, C.K. (2019). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Gading, I K., W. Suja, I K. Sudarma, D.G.H. Divayana, & I W. Widiana (2018). Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyawan, B. (2013). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/viewFile/453/371. Diakses pada 30 Juni 2021.

Napsawati (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah COVID-19. Karts:Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1). Tersedia pada https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546. Diakses pada 9 Desember 2020.

Nusabangsa, H.M. (2020). Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Seririt. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, UNDIKSHA.

Pradnyantika, L.D., I K. Sudiana, & N.M. Wiratini (2018). Pengelolaan Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Negara. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 42-49. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/14172/8750. Diakses pada 16 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtibadiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsunawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta. Tersedia pada https://bsnp-indonesia.org/-24-tahun-2007-3/. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tersedia pada https://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-103-tahun-2014.pdf. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Tersedia pada https://bsnp-indonesia.org/wp content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_022_Lampiran.pdf. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Lampiran II tentang Standar Isi SMK/MAK. Tersedia pada http://psmk.kemdikbud.go.id/kdp. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Lampiran III tentang Standar Proses Pembelajaran SMK/MAK. Tersedia pada http://psmk.kemdikbud.go.id/kdp. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Lampiran IV tentang Standar Penilaian Pembelajaran SMK/MAK. Tersedia pada http://psmk.kemdikbud.go.id/kdp. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Prasetyaningsih & I. Wilujeng (2016). Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains pada SMP SSN di Kabupaten Pati. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 147-165. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/176918-ID-analisis-kualitas-pengelolaan-kelas-pemb.pdf. Diakses pada 20 November 2020.

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tersedia pada https://www.dapodik.co.id/2019/12/download-surat-edaran-mendikbud-.html. Diakses pada 17 Oktober 2020.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Penyebaran Corona Virus Diseases (Covid-19). Tersedia pada https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Diakses pada 17 Oktober 2020

Surat Edaran Sekretaris jendral Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Tersedia pada https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf. Diakses pada 17 Oktober 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38138

Article Metrics

Abstract view : 1108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.