Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Multimedia

Authors

  • Ida Ayu Kade Wijayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Siti Maryam Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38138

Keywords:

Pengelolaan, Pembelajaran Sains, Pandemi Covid-19

Abstract

Pengelolaan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi Covid-19 memerlukan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari guru agar dapat tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak kendala yang dihadapi dalam mengelola pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 yang difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Komponen silabus berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Komponen RPP berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tetapi tujuan pembelajaran belum mengacu pada kompetensi dasar; (b) Pelaksanaan pembelajaran berjalan kurang sesuai dengan RPP yang disiapkan; (c) Penilaian pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dan pengetahuan terlaksana dengan baik, tetapi penilaian keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi pelatihan peningkatan kompetensi guru, buku pegangan peserta didik, handphone, layanan e-learning Melajah.id., dan bantuan kuota internet dari pemerintah, sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi kesulitan menyusun tujuan pembelajaran, rendahnya motivasi belajar peserta didik, tidak adanya interaksi langsung antara guru dengan peserta didik, dan keterbatasan kuota internet. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 belum berjalan optimal.

Author Biographies

Ida Ayu Kade Wijayanti, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

I Wayan Subagia, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

Siti Maryam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi, dan Harapan : Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2056.

Arnott, L., & Yelland, N. (2020). Multimodal Lifeworlds: Pedagogies for Play Inquiries and Explorations. Journal of Early Childhood Education Research, 9(1), 124–146.

Budi, & Nurjayanti, B. (2013). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-learning (Studi Kasus Mata Kuliah Bahasa Pemrograman). Jurnal Sains Terapan, 53(9), 1689–1699. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jstsv/article/view/28303.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of Dental Education during COVID-19 Pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4.

Huang, N. tang, Chang, Y. shan, & Chou, C. hui. (2020). Effects of Creative Thinking, Psychomotor Skills, and Creative Self-Efficacy on Engineering Design Creativity. Thinking Skills and Creativity, 37(March), 100695. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100695.

Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring Undergraduate Students’ Attitudes towards Emergency Online Learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119(August), 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a Social Regulation-Based Online Learning Framework on Students’ Learning Achievements and Behaviors in Mathematics. Computers and Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429.

Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85.

Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494.

Maharani, R., & Istiyati, S. (2020). Analisis Pengelolaan Kelas selama Pembelajaran Daring pada Guru Kelas di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3), 1–6. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i3.48986.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muharto, Hasan, S., & Ambarita, A. (2019). Penggunaan Model E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Microprocessor. IJIS-Indonesia Journal on Information System, 4(April), 69–76. https://media.neliti.com/media/publications/260171-sistem-informasi-pengolahan-data-pembeli-e5ea5a2b.pdf.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Muslimah, I., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial pada Outdoor Learning di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158–168. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7204/8041.

Niswati, I., AK, D., Lestari, P., & Gustyani. (2017). Hubungan antara Metode Online Learning (E-Learning) dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas “xx”. Psibernatika, 5(1), 23–39. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/527.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden Change of Pedagogy in Education Driven by COVID-19: Perspectives and Evaluation from a Developing Country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.

Permana, I. P. A. I., Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10910.

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797.

Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Saputri, N., Adlim, A., & Inda Rahmayani, R. F. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik untuk Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 114–124. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Syihabuddin, S., Damaianti, V. S., Apriliyani, N. Y. A., & Istianingrum, R. (2018). Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 22. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2205.

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing/article/download/607/329.

Winangun, I. M. A. (2020b). Perspektif Mahasiswa terhadap Pengelolaan Pembelajaran Online di masa Pandemi Covid-19. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 19–27. https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/69.

Zotov, V., Ibrahim, I., Petunina, I., & Lazareva, Y. (2021). Engagement of Students in Data Visualization for the Purpose of E-Learning Improvement. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(2), 46–63. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i02.18745.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Wijayanti, I. A. K., Subagia, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Multimedia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 376–388. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38138