Strategi Belajar dalam Mencapai Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ni Kadek Sri Widyantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. N. Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Karyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.40336

Keywords:

Strategi belajar IPA, Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang

Abstract

Masih banyak siswa yang memperoleh nilai IPA di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal karena motivasi dan minat siswa yang kurang. Tujuan penelitian dilakukan untuk menganalisis strategi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang dalam mencapai hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan eksploratif. Subjek penelitian yang terlibat yaitu siswa dan guru IPA sejumlah 11 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian meliputi reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh kategori hasil belajar tinggi menggunakan strategi kognitif, metakognitif, dan sikap sosial. Hasil belajar yag dimaksud meliputi membaca materi berulang-ulang, menggarisbawahi pokok penting materi, mencatat dan merangkum isi materi, merencanakan aktivitas belajar, merencanakan sumber belajar, memantau proses dan hasil belajar, membandingkan hasil belajar dengan target yang ditetapkan, menjawab dan menyampaikan pertanyaan, serta sikap tenang saat menghadapi tes. Siswa dengan kategori kemampuan belajar sedang, menggunakan strategi belajar kognitif dan metakognitif dalam mencapai hasil belajar IPA di antaranya membaca berulang-ulang materi, mencatat dan merangkum isi materi pelajaran, membuat kerangka garis-garis besar materi serta merencanakan  sumber-sumber belajar. Siswa dengan kategori hasil belajar rendah memakai strategi belajar kognitif dalam mencapai hasil belajar IPA yaitu membaca materi berulang-ulang sampai mengerti. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap strategi belajar siswa yaitu karakteristik materi pembelajaran, motivasi belajar siswa, minat belajar siswa, serta intelegensi siswa.

References

Abendroth, J., & Richter, T. (2021). How to Understand What You Don’t Believe: Metacognitive Training Prevents Belief-Biases in Multiple Text Comprehension. Learning and Instruction, 71(August 2020), 101394. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101394.

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021a). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, E. (2021b). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Al-Harthy, I. S., Was, C. A., & Isaacson, R. M. (2010). Goals, Efficacy and Metacognitive Self-Regulation: A Path Snalysis. International Journal of Education, 2(1). https://doi.org/10.5296/ije.v2i1.357.

Alias, A. A., Manan, N. A. A., Yusof, J., & Pandian, A. (2012). The use of Facebook as Language Learning Strategy (LLS) Training Tool on College Students’ LLS Use and Academic Writing Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.305.

Amponsah, S., Kwesi, A. B., & Ernest, A. (2019). Lin’s Creative Pedagogy Framework as A Strategy for Fostering Creative Learning in Ghanaian Schools. Thinking Skills and Creativity, 31, 11–18. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.09.002.

Anwar, H., Jamaluddin, J., & A.W., J. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 142–151. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8385.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717.

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tatsra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611.

Asnita, A. U. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Inquiri Terbimbing dan Metode Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sinjai Tengah. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a10.

Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340.

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484.

Basri, H. (2018). Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary). Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary, 11(2), 432–444. https://doi.org/10.19105/ojbs.v8i2.468.

Berger, J. L., & Karabenick, S. A. (2016). Construct Validity of Self-Reported Metacognitive Learning Strategies. Educational Assessment, 21(1), 19–33. https://doi.org/10.1080/10627197.2015.1127751.

Budiarti, R., Wilujeng, I., Jumadi, J., & Senam, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Sets terhadap Pengetahuan Lintas Disiplin Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/Cp.V35i3.10419.

bCerit, Y. (2013). Relationship between Teachers’ Self-Efficacy Beliefs and Their Willingness to Implement Curriculum Reform. International Journal of Educational Reform, 22(3), 252–270. https://doi.org/10.1177/105678791302200304.

Chandra, A. Y., Kurniawan, D., & Musa, R. (2020). Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop). Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 208. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1505.

Chiang, F.-K., Wallis, J. D., & Rich, E. L. (2022). Cognitive Strategies Shift Information from Single Neurons to Populations in Prefrontal Cortex. Neuron, 110(4). https://doi.org/10.1016/j.neuron.2021.11.021.

Dewi, N. R., Kannapiran, S., & Wibowo, S. W. A. (2018). Development of Digital Storytelling-Based Science Teaching Materials to Improve Students’ Metacognitive Ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12718.

Dewi, P. ., & Rahayu, I. (2014). Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2014.v01.i02.p03.

Dewi, R. A. K., & Rukmini, P. (2019). The Effect of Thematic Learning by Using A Scientific Approach to Increase the Multiple Intelligence of Students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.24326.

Dinsmore, D. ., & Zoellner, B. P. (2018). The Relation between Cognitive and Metacognitive Strategic Processing During A Science Simulation. British Journal of Educational Psychology, 8(1). https://doi.org/10.1111/bjep.12177.

Donuata, P. B. (2019). Pengaruh Quantum Teaching Metode PQ4R Berdasarkan Keragaman Kecerdasan terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11094.

Duane, B. T., & Satre, M. E. (2014). Utilizing Constructivism Learning Theory in Collaborative Testing as A Creative Strategy to Promote Essential Nursing Skills. Nurse Education Today, 34(1). https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.03.005.

Fadhilaturrahmi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.9.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863.

Filgona, J., Filgona, J., & Linus, K. S. (2017). Mastery Learning Strategy and Learning Retention: Effects on Senior Secondary School Students’ Achievement in Physical Geography in Ganye Educational Zone, Nigeria. Asian Research Journal of Arts & Social Sciences, 2(3). https://doi.org/10.20944/preprints201702.0018.v1.

Firmansyah, D. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Floryantini, K. N., Sudana, D. N., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 24(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468.

Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.

Grønlien, H. K., Christoffersen, T. E., Ringstad, Ø., Andreassen, M., & Lugo, R. G. (2021). A Blended Learning Teaching Strategy Strengthens The Nursing Students’ Performance and Self-Reported Learning Outcome Achievement in An Anatomy, Physiology and Biochemistry Course – A Quasi-Experimental Study. Nurse Education in Practice, 52(June 2020). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103046.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671.

Hadi, hadi purwanto. (2020). Analisis Kesadaran dan Strategi Metakognisi Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri. JeITS, 2(2). https://doi.org/10.37859/jeits.v2i2.2093.

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of Mathematics E-Module with STEM-Collaborative Project Based Learning to Improve Mathematical Literacy Ability of Vocational High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a.

Hartarto, H. D. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Numbered-Head Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 15(1). https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2145.

Hasanah, Nurjaya, & Astika. (2017). Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11579.

Hasibuan, M. H. E., Fuldiaratman, F., Dewi, F., Sulistiyo, U., & Hindarti, S. (2020). Jigsaw Learning Strategy in A Diverse Science-Classroom Setting: Feasibility, Challenges, and Adjustment. Cakrawala Pendidikan, 39(3). https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.30634.

Hidayah, A., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629.

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018). High-Order Thinking Skill in Contextual Teaching and Learning of Mathematics Based on Lesson Study for Learning Community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110.

Ilmi, R., Arnawa, I. M., Yerizon, & Bakar, N. N. (2021). Development of an Android-Based for Math E-Module by using Adobe Flash Professional CS6 for Grade X Students of Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012026.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3.

Jubaedah, J. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

Kamaruddin, & Haryanto. (2014). Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Berbasis Computerized Adaptive Testing. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2533.

Koçak, R., & Boyacı, M. (2010). The Predictive Role of Basic Ability Levels and Metacognitive Strategies of Students on Their Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.099.

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P., Utami, G., Anggraini, W., & Himmah, E. (2020). Development of E-Module Using Flip PDF Professional on Temperature and Heat Material. Journal Of Physics Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264.

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Penugasan Aktivitas di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Kurniawan, M. I. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Active Learning. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 124. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.764.

Kusumaningrum, Parmiti, & Wibawa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532.

Laksana, D. N. L., Dasna, I. W., & Degeng, I. N. S. (2019). The Effects of Inquiry-Based Learning and Learning Styles on Primary School Students’ Conceptual Understanding in Multimedia Learning Environment. Journal of Baltic Science Education, 1(1). https://doi.org/10.33225/jbse/19.18.51.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An Effective Blended Online Teaching and Laarning Strategy During the COVID-19 Pandemic. Education for Chemical Engineers, 35(May 2020), 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Leo, I. Di, & Muis, K. R. (2020). Confused, Now What? A Cognitive-Emotional Strategy Training (CEST) Intervention for Elementary Students During Mathematics Problem Solving. Contemporary Educational Psychology, 62. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101879.

Lo, J.-H., Lai, Y.-F., & Hsu, T.-L. (2021). The Study of AR-Based Learning for Natural Science Inquiry Activities in Taiwan’s Elementary School from the Perspective of Sustainable Development. Sustainability, 13(3). https://doi.org/10.3390/su13116283.

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.

Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Mega, Pudjawan, & Margunayasa. (2015). Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631.

Mehrdad, A. G., Ahghar, M. R., & Ahghar, M. (2012). The Effect of Teaching Cognitive and Metacognitive Strategies on EFL Students’ Reading Comprehension Across Proficiency Levels. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.142.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123.

Muloke, I., Ismanto, A., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 111977. https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14718.

Muzari, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-04.

Ni’matuzahroh. (2015). Efektifitas Strategi Membaca Kolaboratif untuk Meningkatan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal RAP, 6(2). https://doi.org/10.24036/rapun.v6i2.6621.

Pour, & Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111.

Prahmana, R. C. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Learning Multiplication Using Indonesian Traditional Game in Third Grade. Journal on Mathematics Education, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.22342/jme.3.2.1931.115-132.

Pramono. (2017). Aktivitas Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.663.

Pranoto, P. (2021). Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Sruktur Tanah. Journal of Classroom Action Research, 3(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.649.

Pratono, A., Sumarti, S. S., & Wijayati, N. (2018). Contribution of Assisted Inquiry Model of E-Module to Students Science Process Skill. Journal of Innovative Science Education, 7(1), 62–68. https://doi.org/10.15294/jise.v7i1.20633.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Purvis, A. J., Rodger, H. M., & Beckingham, S. (2020). Experiences and Perspectives of Social Media in Learning and Teaching in Higher Education. International Journal of Educational Research Open, 1(November), 100018. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100018.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.

Ratna, & Utami, F. N. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Anak dalam Bermain Balok. Jurnal AUDI: Kajian Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729.

Ririsl, N. K. R. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237.

Royanto, L. R. (2012). The Effect of An Intervention Program Based on Scaffolding to Improve Metacognitive Strategies in Reading: A Study of Year 3 Elementary School Students in Jakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1601–1609. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.105.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student Perception Data on Online llarning Using Heutagogy Approach inTthe Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Sari, P. E., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.49-56.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Shishigu, A., Hailu, A., & Anibo, Z. (2018). Problem-Based Learning and Conceptual Understanding of College Female Students in Physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 145–154. https://doi.org/10.12973/ejmste/78035.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Soyadı, Y., & Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253.

Stender, A., Schwichow, M., Zimmerman, C., & Härtig, H. (2018). Making Inquiry-Based Science Learning Visible: The Influence of CVS and Cognitive Skills on Content Knowledge Learning in Guided Inquiry. International Journal of Science Education, 40(15), 1812–1831. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1504346.

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.

Subali, B., Kumaidiac, Aminah, N. S., & Sumintono, B. (2019). Student Achievement Based on The Use of Scientific Method in The Natural Science Subject in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 39–51. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16010.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969.

Suprianta, E., & Alawiyah, T. (2019). Studi Keterampilan Metakognisi pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi, 7(4). https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i4.1772.

Supriyadi, T., Julia, J., Aeni, A. N., & Sumarna, E. (2020). Action Research in Hadith lLteracy: A Reflection of Hadith Learning in The Digital Age. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(5), 99–124. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.5.6.

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach towards The Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329.

Susanti, R. (2014). Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3110.

Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.

Thoyyibah, N., Hartono, R., & Bharati, D. A. L. (2019). The Implementation of Character Education in the English Teaching Learning Using 2013 Curriculum. English Education Journal, 9(2), 254–266. https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.30058.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Ulia, N., & Sari, Y. (2017). Pembelajaran Visual, Auditory, dan Kinestetik terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175–190. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890.

Utami, Purnomo, & Salam. (2018). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Sosiolum, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30446.

Wahyuningsih, B. Y. (2021). Penyelesaian Masalah Matematika dengan Menggunakan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Pendidikan ILmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21.

Wardana, R. W., Prihantini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Journal Science Education, 5(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9.

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384.

Wiguna, A. (2017). Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif di Sekolah. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 47–61. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.684.

Williams, C. M., Maloney, S., Bowles, K.-A., Nestel, D., Kiegaldie, D., & Haines, T. (2021). Cognitive Dissonance of Students Between Falls Prevention Evidence and Strategies. Clinical Simulation in Nursing, 54. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.004.

Wulandari, A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172.

Wulandari, & Agustika. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.

Yulando, S., Sutopo, S., & Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4.

Zhang, D., Liu, S., Wu, X., & Tian, Y. (2022). Network Analysis of Cognitive Emotion Regulation Strategies and Ressive Symptoms in Young Adults After Recent Stressful Events: The Moderation of Childhood Maltreatment. Journal of Affective Disorders, 301. https://doi.org/10.1016/j.jad.2022.01.044.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Karyasa, I. (2022). Strategi Belajar dalam Mencapai Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 59–75. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.40336

Issue

Section

Articles