Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Fairusy Fitria Haryani Universitas Sebelas Maret
  • Annisa Dwi Nursanti Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.44835

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran daring, sekolah menengah, ARCS`

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19, institusi pendidikan menyelenggarakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa sekolah menengah selama pembelajaran daring. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif yang berfokus pada empat aspek motivasi belajar, yaitu perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan. Subjek yang diteliti adalah siswa dan guru sekolah menengah, baik tingkat SMP dan SMA. Data diperoleh melalui pengisian kuisioner online kepada siswa, wawancara terhadap siswa dan guru, serta dokumentasi. Metode analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring yaitu 38% tinggi, 61% sedang dan 2% rendah. Berdasarkan urutannya, aspek relevansi merupakan faktor tertinggi dalam menentukan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring, diikuti dengan kepuasan, perhatian dan percaya diri. Hasil data tersebut dapat dijadikan acuan bagi guru dalam merencanakan proses pembelajaran daring.  

References

Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591.

Ananga, P. (2020). Pedagogical Considerations of E-Learning in Education for Development in the Face of COVID-19. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 310–321. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.123.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Anggraeni, S. W., Yayan, A., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah da. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.

Asmawiyah, A. (2021). Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.31605/jepa.v4i1.1219.

Cahyani, H., Hariyanto, S., Budisantoso, S., Helmy, A., & Muqit., A. (2020). Pengadaan Mainan Edukatif Sebagai Media Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak Paud Al Fasha. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.33795/jppkm.v7i2.31.

Fadhilah, A. N., & Iqbal, F. (2021). Gaya Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2(1). https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.56.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Fitriani, H., & Syarkowi, A. (2021). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3). https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4050.

Hakim, M. F. al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.

Handayani, N. A. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033.

Hasnah, N. (2021). Women Student Motivation in Learning Arabic Language During the Covid-19 Pandemic. HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 5(1). https://doi.org/10.30983/humanisme.v5i1.4089.

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762.

Hidayat, H., & Mardani, D. (2022). Upaya Guru dalam Menggunakan Media Sosial WhatsApp terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Negeri 02 Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1). https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.146.

Hidayatillah, S., Tunaza, S. N., & Afandi, F. A. (2022). Tingkat Kepuasan Siswa Sma Terhadap Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan, 23(1). https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2752.2022.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., & Aghata, P. S.Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811.

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.259.

Li, M., & Ren, Y. (2018). A Multimedia Teaching Model for “Sports Statistics” Based on ARCS Motivation Theory. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(09), 15. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i09.8972.

Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752.

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 1(1), 133–146. https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.26.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253.

Qusnul, A., Widayati, S., & Marliyah, L. (2021). Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2). https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1921.

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369.

Riyanti, A., Anggaini, M., Tarakan, U. B., & Education, J. (2021). Motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia secara daring di smp. Jurnal Education and Development, 9(3), 521–529.

Rizky Setiawan, M., & Wiedarti, P. (2020). The effectiveness of quizlet application towards students’ motivation in learning vocabulary. Studies in English Language and Education, 7(1). https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.15359.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227.

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48.

Septoyadi, Z., Candrawati, V. L., & Mahyadien, M. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1002.

Simamora, L., & Simamora, H. J. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(2), 92–102. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1617.

Suharni, & Purwani. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.29300/equation.v3i2.3464.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062.

Yazid, H., & Neviyarni. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid-19. Jurnal Human Care, 6(1), 207–213. https://doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1084.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Zidny, R., Solfarina, S., Aisyah, R. S. S., & Eilks, I. (2021). Exploring indigenous science to identify contents and contexts for science learning in order to promote education for sustainable development. Education Sciences, 11(3). https://doi.org/10.3390/educsci11030114.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Haryani, F. F., & Nursanti, A. D. (2022). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 599–608. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.44835