Program Akselerasi Belajar Anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54411Keywords:
Manajemen, Akselerasi, Peserta Didik, CIBIAbstract
Perhatian khusus pada anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI) tidak dimaksudkan untuk melakukan diskriminasi, tetapi semata-mata untuk memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen program akselerasi belajar anak cerdas istimewa bakat istimewa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan metode trianggulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan program akselerasi sudah dilakukan dengan baik melalui koordinasi tim pendidik, orang tua murid dan kepala sekolah. Masih ada sedikit masalah yaitu nilai akseleran yang tadinya lolos melalui hasil belajar masih naik turun. Ini menjadi evaluasi bagi kepala sekolah dan tim untuk lebih meningkatkan ketangguhan siswa tersebut dalam menyelesaikan tugas. Sehingga diperlukan pengawasan program akselerasi belajar. Pengawasan program akselerasi yang dilakukan antara lain pengawasan melekat oleh kepala sekolah, pengawasan fungsional oleh dinas pendidikan dan pengawasan masyarakat oleh wali murid. Pengawasan melekat dan pengawasan masyarakat pada program akselerasi sudah berjalan dengan baik tetapi pengawasan fungsional masih bersifat searah. Sehingga sangat diperlukan perhatian atau penghargaan dari pihak Dinas Pendidikan kepada para guru-guru akselerasi/ kelas SKS ini.
References
Bin Nawawi, M. (2017). Studi Program Akselerasi Prakom Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Pamekasan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1065.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234 – 5240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614.
Eliakim, E., Morgulev, E., Lidor, R., & Meckel, Y. (2020). Estimation of injury costs: financial damage of English Premier League teams’ underachievement due to injuries. BMJ Open Sport & Exercise Medicine, 6(1). https://doi.org/10.1136/bmjsem-2019-000675.
EVeas, A., EGilar, R., EMiñano, P., & ECastejón, J.-L. (2017). Estimation of the Proportion of Underachieving students in Compulsory Secondary Education in Spain: an Application of the Rasch Model. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00303.
Fachrudin, Y. (2019). Penyelenggaraan Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di SMART Ekselensia Indonesia. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.51476/dirasah.v1i1.53.
Fitriana, A. (2021). Analisis Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) Bagi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.55.
Ghina Mr, M., & Ruslan, U. (2022). Analisa Pendidikan Anak Berbakat melalui Program Akselerasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9160–9164. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3860.
Gilar-Corbi, R., Veas, A., Miñano, P., & Castejón, J.-L. (2019). Differences in Personal, Familial, Social, and School Factors Between Underachieving and Non-underachieving Gifted Secondary Students. Frontiers In Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02367.
Hesbol, K. A., Bartee, J. S., & Amiri, F. (2020). Activism in Practice: The Influence of a Rural School Leader’s Beliefs and Practices in Disrupting Historical Patterns of Underachievement in Traditionally Marginalized Students. Impacting Education, 5(2), 33 – 42. https://doi.org/10.5195/ie.2020.134.
Mahmoud, A. A., Elsayed, Clerkin, A., Pitsia, V., Aljabri, N., & Al-Harbi, K. (2022). Boys’ underachievement in mathematics and science: An analysis of national and International Assessment Data From The Kingdom Of Saudi Arabia. Large-Scale Assessments In Education, 10(2), 1–40. https://doi.org/10.1186/s40536-022-00141-9.
Matitaputty, E. K. N., & Kurniawati, F. (2020). Effectiveness of Self-Regulated Learning Intervention Program in Forethought Phase of a School Underachiever. Psychological Research On Urban Society, 3(2), 109 – 119. https://doi.org/10.7454/proust.v3i2.95.
Mofield, E., Peters, M. P., & Chakraborti-Ghosh, S. (2016). Perfectionism, Coping, and Underachievement in Gifted Adolescents: Avoidance vs. Approach Orientations. Education Sciences, 6(3), 21. https://doi.org/10.3390/educsci6030021.
Nawawi, I., & Swandari, T. (2021). Pengembangan Potensi Siswa Cerdas Intelektual Berbakat Islami Melalui Program Akselerasi. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 152–182. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1611.
Nihayah, I. (2018). Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi di SMAN 5 Surabaya. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 312–323. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.88.
Sallis, E. (2010). Total Quality Management in education. In Developing quality systems in education. https://doi.org/10.4324/9780203423660_chapter_5.
Setiawan, A. P. (2017). Task Commitment Program Akselerasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 1(2), 43-50. https://doi.org/10.32616/pgr.v1.2.76.43-50.
Sukmawati, F. (2011). Program Akselerasi Sekolah. Insania, 16, 325–337.
Widyastono, H. (2016). Alternatif Program Pendidikan bagi Peserta Didik SMA yang Memiliki Kecerdasan Istimewa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 594 – 607. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.312.
Yeni, N., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran reggio emilia. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250–259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Widi Astuti, Ivan Hanafi, Sarkadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)