Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Menggunakan Model Teams Assisted Individualization Berbantuan Crossword Puzzle

Authors

  • Kadek Ayu Widia Fransiska Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.56248

Keywords:

Team Assisted Individualization, Crossword Puzzle, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Salah satu dampak dari transisi pembelajaran daring ke luring pasca pandemi COVID-19 mengakibatkan siswa cenderung kurang percaya diri dan timbul sikap individualistik. Adanya permasalahan tersebut mendorong penelitian ini untuk menganalisis kompetensi pengetahuan IPA dalam model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media Crossword Puzzle pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan penelitan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini 429 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah instrumen berupa tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial teknik uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh THitung sebesar 4,945 dan nilai Ttabel sebesar 2,000 pada taraf signifikan 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan model pembelajaran Team Asissted Individualization berbantuan media Crossword Puzzle berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengatahuan IPA pada siswa sekolah dasar. Kedepannya perlu dikembangkan secara berkelanjutan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan situasi dan karakteristik peserta didik terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa sekolah dasar.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Aisyah, N., Susongko, P., & Fatkhurrohman, M. A. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1–11.

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.

Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334–2344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079.

Anderson, L. W. (2020). Taxonomies of educational objectives as bases for curriculum planning. In Oxford Research Encyclopedia of Education.

Anggara, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14407.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan media semi konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 385–393. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Azhari, M. F., & Heldayani, S. (2021). The Relationship of Anxiety Level With Length of Stay Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Patient‘s in Special Quarantine Bapelkes Banjarbaru. Journal of Nursing and Health Education, 1(1), 30–37. http://journal.mbunivpress.or.id/index.php/jnhe/article/view/103/46.

Badriyah, N. L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29884.

Ben Hassen, T., El Bilali, H., & Allahyari, M. S. (2020). Impact of COVID-19 on food behavior and consumption in Qatar. Sustainability, 12(17), 6973. https://doi.org/10.3390/su12176973.

Bheke, E., Pritem, S., & Pujarih, S. (2021). The Effect of Application of Crossword Puzzle Learning Strategy on Student Learning Outcomes. Journal La Edusci, 2(3), 10–15. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i3.398.

Carrillo, C., & Flores, M. A. (2020). COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184.

Cui, S., Zhang, C., Wang, S., Zhang, X., Wang, L., Zhang, L., & Zhou, X. (2021). Experiences and attitudes of elementary school students and their parents toward online learning in China during the COVID-19 pandemic: Questionnaire study. Journal of Medical Internet Research, 23(5), e24496. https://doi.org/10.2196/24496.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Deepublish.

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran matematika online di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632.

Fadlilah, M. F., Purwanto, S., & El Hakim, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 14–26. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.02.

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165.

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968.

Mali, D., & Lim, H. (2021). How do students perceive face-to-face/blended learning as a result of the Covid-19 pandemic? The International Journal of Management Education, 19(3), 100552. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100552.

Nurman, V., Ramadhani, R., Wahyugi, R., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 7. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 174–183. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18782.

Ortiz-Prado, E., Simbaña-Rivera, K., Gómez-Barreno, L., Rubio-Neira, M., Guaman, L. P., Kyriakidis, N. C., & López-Cortés, A. (2020). Clinical, molecular, and epidemiological characterization of the SARS-CoV-2 virus and the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), a comprehensive literature review. Diagnostic Microbiology and Infectious Disease, 98(1), 115094. https://doi.org/10.1016/j.diagmicrobio.2020.115094.

Rahayu, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/25778.

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). How the Distance Learning can be a Solution during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Asian Education, 1(3), 117–124. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i3.42.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Setiadi, I. (2021). Peningkatan keaktifan dan kemandirian belajar matematika siswa dalam jaringan synchronous menggunakan media crossword puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938.

Situmorang, R. P. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49–56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kunatittif, Kualitatif, Kombinasi dan R D. CV Alfabeta.

Supono, T., & Tambunan, W. (2021). Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 57–65. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269.

Supriyanto, A., Rozaq, J. A., Santosa, A. B., & Listiyono, H. (2021). Uji Coba Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Normal Baru PAUD “Tunas Bangsa” Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 753–763. https://doi.org/10.30653/002.202163.834.

Sutriningsih, N. (2015). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Assessment for Learning pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. JURNAL E-DuMath, 1(1). https://doi.org/10.52657/je.v1i1.81.

Wu, Z., & McGoogan, J. M. (2020). Characteristics of and important lessons from the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in China: summary of a report of 72 314 cases from the Chinese Center for Disease Control and Prevention. Jama, 323(13), 1239–1242. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2648.

Yurina, W., Melati, H. A., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa MAteri KSP di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i1.18034.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Widia Fransiska, K. A., Gede Agung, A. A. ., & Surya Abadi, I. B. G. . (2022). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Menggunakan Model Teams Assisted Individualization Berbantuan Crossword Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 577–587. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.56248