Hubungan Manusia dalam Organisasi Pendidikan Berbasis Nilai

Authors

  • Sulhan Hamid H Lubis
  • Zainuddin Education Management, Medan State University, Medan, Indonesia
  • Wanapri Pangaribuan Education Management, Medan State University, Medan, Indonesia
  • Osberth Sinaga Education Management, Medan State University, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.56430

Keywords:

Hubungan Manusia, Organisasi Pendidikan, Nilai

Abstract

Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari orang lain, membuat orang harus memiliki sistem nilai agar ada acuan dalam hubungan yang dibangun tak terkecuali dalam organisasi pendidikan. Sekolah sebagai organisasi pendidikan merupakan kumpulan orang yang memiliki latar belakang agama, budaya dan keyakinan yang berbeda. Sistem nilai yang dibangun diharapkan mampu memberikan rasa nyaman dalam hubungan manusia dalam organisasi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem nilai yang harus dimiliki dalam hubungan manusia pada organisasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan teknik deskriptif dan pengumpulkan data secara dokumentasi dan studi literatur. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data, mulai dari reduksi data, data display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan dalam mewujudkan hubungan dalam organisasi tak terkecuali dalam hubungan organisasi pendidikan ada 9 nilai yang dapat dijadikan pegangan agar tercipta hubungan baik dan nyaman dalam bekerja yaitu; kejujuran, penyelarasan, kebebasan, stimulus, dukungan, mengambil risiko, pemberdayaan, kerja tim, dan komunikasi. 

References

Anastasya, S., Swacita, I. B. N., & Suada, I. K. (2020). Perbandingan Kualitas Fisik Objektif Daging Sapi Bali Produksi Rumah Pemotongan Hewan Karangasem, Klungkung, dan Gianyar. Indonesia Medicus Veterinus, 9(3), 361–369. https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.3.361.

Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269.

Anggraini, L. A., Arif, S., Muna, I. A., & Aristiawan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351.

Fatmawati, I. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Jurnal Pendidikan Pemikiran, 2(1).

Fauzi, Iba, Z., & Sutoyo, S. (2020). Implementasi Manajemen Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 10(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.896.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062.

Iba, Z., Saifuddin, Marwan, & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Prakter Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(c), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Laksmi, N. L. P. S., Agung, A. A. G., & S. (2019). Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 148–156. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2802.

Lasmi, A., & Bayhaqi, H. (2022). Membangun Kerjasama Tim yang Efekti dalam Organisasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i1.509.

Moch . Noor. (2022). Peran Organisasi Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya Sebagai Wadah Pemersatu Warga Sumba Barat Daya di Bali. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 219–225. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.51323.

Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283.

Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Warta, 62, 24–33. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.

Nisa, N. Z., Sunandar, S., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8114.

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873.

Nurhasnawati & Subhan, M. (2018). Pengarug Antara Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Guru MIN Se Kota Pekanbaru. Journal of Materials Processing Techno, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6649.

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.316.

Parta, I. W. G. I., & Mahayasa, A. I. G. (2021). Pengaruh Keterampilan Kerja, Team Work, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada Art Shop Cahaya Silver di Celuk, Gianyar. Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 65–76. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1147.

Praditya, R. A. (2022). Peran Mediasi Budaya Organisasi dalam Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dan Efektivitas Organisasi : A Mini Review. International Journal Of Social, Policy And Law, 3(2), 29–34. https://doi.org/10.8888/ijospl.v3i1.97.

Prasetyo, M. A. M. (2022). Hubungan Manusiawi Manajemen Pendidikan Dalam Kajian Perilaku Organisasi. Pencerahan Jurnal Pendidikan, 16(1).

Pratiwi, A., & Roesminingsih, E. (2021). Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.22531.

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795.

Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000.

Rosalina, D., & Apiska, D. (2018). Dampak Kualitas Hubungan Antar Manusia (Human Relation) Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Organisasi. NIAGAWAN, 7(2). https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10752.

Savitri, N. K., & Komalasari, Y. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pemberdayaan Karyawan Dan Dukungan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan The Santai Umalas-Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 16(2).

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Tk Negeri Pembina 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1963.

Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsapp dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121.

Sugihartini, N. M., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Menejemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri Kota Singaraja Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776.

Suhendra, A., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis). Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.234.

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 176–184.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.

Zebua, Y. M. (2022). Pengaruh Budaya Kerja, Motivasidan Kejujuran Terhadapkomitmen Karyawan Melalui Prestasi Kerja. Jurnal Sosial Dan Sains (SOSAINS), 2(3). https://doi.org/10.36418/sosains.v2i3.371.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Lubis, S. H. H., Zainuddin, Wanapri Pangaribuan, & Osberth Sinaga. (2022). Hubungan Manusia dalam Organisasi Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 619–631. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.56430