Eksplorasi Nilai Humanisme dalam Autobiography of Frederick Douglass: An American Slave

Authors

  • Christiana Evy Tri Widyahening Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ulupi Sitoresmi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57638

Keywords:

Humanism, Human Rights, Autobiography

Abstract

Autobiografi merupakan salah satu jenis karya sastra yang masuk pada ranah prosa yang juga menjadi salah satu media untuk merekam peristiwa seseorang pada masanya yang ditulis sendiri oleh orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai humanisme dalam otobiografi Frederick Douglass: An American Slave karya Frederick Douglass. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian dianalisis secara cermat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian. Prosedur pengumpulan data melalui teknik membaca dan mencatat. Masalah yang berkaitan dengan analisis nilai humanisme diperoleh dengan membaca otobiografi ini secara keseluruhan, cermat, menafsirkan unsur-unsur humanisme, dan mencatat kutipan langsung atau disebut juga verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai humanisme yang diperoleh seperti 1) fitrah (manusia memiliki kehendak bebas untuk menentukan langkahnya sendiri), 2) hak asasi manusia, 3) keadilan (tidak memihak siapapun), dan 4) potensi (kemampuan yang dimiliki oleh manusia oleh setiap manusia di dunia). Nilai humanism yang terdapat pada potensi dalam Narrative of the Life of Frederick Douglass: An American Slave adalah menggambarkan bagaimana seorang budak kulit hitam yang dianggap hina dan tidak berharga justru dengan kegigihannya yang luar biasa mampu untuk bangkit, terlepas dari belenggu perbudakan dan memperlihatkan kemampuannya sebagai seorang orator ulung yang berjuang demi kebebasan kaumnya.

References

Agresti, L., Agustina, E., & Canrhas, A. (2018). Analisis Nilai-Nilai Humanisme dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), 283–292. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6783.

Andini, S. D. (2022). Universalisme Dan Relativisme Budaya Dalam Penegakan Ham Terhadap Kasus Kerangkeng Manusia Dan Perbudakan Modern. Widya Yuridika: Jurnal Hukum, 5(2), 331–344. https://doi.org/10.31328/wy.v5i2.3568.

Arifin, R., & Lestari, L. E. (2019). Penegakan dan Perlindungan Hak Asasi manusia di Indonesia dalam konteks implementasi sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), 12–25. https://doi.org/10.23887/jkh.v5i2.16497.

Artanti, Y. (2020). Konsep Diri Perempuan di Persimpangan Budaya dalam Autobiografi Stupeur et Tremblements Karya Amelie Nothomb. Litera, 19(1), 72–93. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i1.30465.

Aswandi, B., & Roisah, K. (2019). Negara hukum dan demokrasi pancasila dalam kaitannya dengan hak asasi manusia (HAM). Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 128–145. https://doi.org/10.14710/jphi.v1i1.128-145.

Begem, S. S., Qamar, N., & Baharuddin, H. (2019). Sistem Hukum Penyelesaian Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Berat Melalui Mahkamah Pidana Internasional. SIGn Jurnal Hukum, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.37276/sjh.v1i1.28.

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.277.

Dewi, N. L. L. A., Putrayasa, I. B., & Nurjaya, I. G. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1), 1–10.

Fatria, F. (2016). Analisis Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–10. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2BS/article/view/17.

Ilafi, A., & Sudardi, B. (2018). Nilai Humanisme dalam Serat Saptastha. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.31503/madah.v9i1.145.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93–101. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.43918.

Meinawati, E., Haryati, I. D., Sulistyawati, M. E. S., Lestari, V. L., & Ghozali, S. (2020). Humanism Value of Main Character in War for Planet of the Apes Movie. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 65–77. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.340.

Muis, A. N. F. (2022). Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia terhadap Kasus Perbudakan Anak Buah Kapal Indonesia di Kapal Asing. Jurnal Hukum Lex Generalis, 3(12), 988–999. https://doi.org/10.56370/jhlg.v3i12.346.

Nista, D. (2015). A Vigorous Affirmation of Life: Slaves in the Face of Dehumanization. Elements, 11(1), 34–44. https://doi.org/10.6017/eurj.v11i1.8814.

Raharjo, Y. M., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627.

Sahrasad, H., & Ridwan, M. (2019). Nikolai Gogol’s Literary Works, Tsar’s Absolutism and Russian Cutural Life in the 19th Century: A Preliminary Note. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 1(2), 24–32. https://doi.org/10.33258/biolae.v1i2.57.

Said, M. F. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Cendikia Hukm, 4(1). https://doi.org/10.33760/jch.v4i1.97.

Sayuti, S. A., Wiyatmi, W., & Budiyanto, D. (2019). Membaca Nilai Kemanusiaan Dalam Novel Autobiografi. Diksi, 27(1), 65–72. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26178.

Setiawaty, R., Sabardila, A., Markhamah, M., & Santoso, T. (2021). Bentuk-Bentuk Sinonimi dan Antonimi dalam Wacana Autobiografi Narapidana: Kajian Aspek Leksikal. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 79–101. https://doi.org/10.36379/estetika.v2i2.145.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Suryamizon, A. L. (2017). Perlindungan Hukum Preventif Terhadap Kekerasan Perempuan Dan Anak Dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Manusia. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 16(2). https://doi.org/10.24014/marwah.v16i2.4135.

Suyadmi. (2018). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Jalan Meraih Bintang Karya Fathor Rosyid: Kajian Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SD. SDN 03 Bangsri Karangpandan Karanganyar, 4(1), 105–108. https://doi.org/10.32585/.v4i1.103.

Wahab, M. O. A., Koka, N. A., & Islam, M. N. (2021). A study of autobiographies: Confessions, facts, fiction and hypothesis. Theory and Practice in Language Studies, 11(4), 457–461. https://doi.org/10.17507/tpls.1104.16.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Christiana Evy Tri Widyahening, & Ulupi Sitoresmi. (2023). Eksplorasi Nilai Humanisme dalam Autobiography of Frederick Douglass: An American Slave. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 433–444. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57638