Kebutuhan Model Pembelajaran Kooperatif Menulis Akademik dengan Pendekatan Proses

Authors

  • Ila Amalia Universitas Islam Negeri Banten, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.57969

Keywords:

Menulis Akademik, Analisis Kebutuhan, Model Kooperatif, Pendekatan Proses

Abstract

Model kooperatif dalam pembelajaran menulis dengan pendekatan proses dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan model pembelajaran kooperatif menulis akademik dengan pendekatan proses di Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Subjek penelitian terdiri dari satu orang dosen pengampu mata kuliah Academic Writing serta dua puluh lima orang mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI). Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara dan penyebaran angket melaui Google Form. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat ini belum terdapat model pembelajaran tertentu yang digunakan oleh dosen pada mata kuliah Essay Writing. Pendekatan pembelajaran menulis masih berbasis produk dan proses menulis belum sepenuhnya dilakukan oleh mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukan sebuah model pembelajaran menulis yang menekankan kepada aspek kerja sama dan tahapan-tahapan manulis sangat dibutuhkan dalam pembelajaran menulis akademik. Pendekatan pembelajaran menulis yang digunakan pada saat ini masih menitikberatkan kepada produk akhir, sehingga proses menulis yang sesungguhnya belum sepenuhnya dilakukan oleh mahasiswa. Penggabungan kedua aspek ke dalam sebuah model pembelajaran yang baru diyakini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan menulis juga keterampilan sosial mahasiswa.

References

Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The effect of online cooperative learning on students’ writing skills and attitudes through telegram application. International Journal of Instruction, 11(3), 433–448. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11330a.

Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, E. S. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 4(7), 938–943. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636.

Allen, L. K., Jacovina, M. E., Mcnamara, D. S., Allen, L. K., Jacovina, M. E., & Mcnamara, D. S. (2016). Computer-Based Writing Instruction Computer-Based Writing Instruction. ERIC.

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.

Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar Ilmu, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825.

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Dewi, N. K. A. S., Made Sulastri, M. P., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Mice Target Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7508.

Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 332–336. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837.

Etik. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuanberpikir Terhadap Keterampilan Menulis Tekseksposisi. Universitas Negeri Jakarta.

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241.

Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2020). Android-Based-Game And Blended Learning In Chemistry: Effect On Students’ Self-Efficacy And Achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 507–521. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.28335.

Ghanbari, N., & Samar, R. G. (2016). Grouping Strategies and Writing Achievement in Cooperative Learning. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 3(7), 85–97. www.jallr.com

Harni, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 7(2), 108–114. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2503.

Imtikhanah. (2022). Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Education Action Research, 6(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879.

Khan, S. A., Javaid, M. A., & Farooq, U. (2015). Evaluation of the Effectiveness of Cooperative Learning Method versus Traditional Learning Method on the Writing Ability of the Students. Asian Journal of Management Sciences & Education, 4(January), 23–32.

Kilbane, C. R., & Milman, N. B. (2014). Teaching Models: Designing Instruction for 21st Century Learners. In Pearson (1st ed.). Pearson. https://doi.org/10.14507/er.v22.1865.

Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872.

Lan, Y. J., Sung, Y. T., Cheng, C. C., & Chang, K. E. (2015). Computer-supported cooperative prewriting for enhancing young EFL learners’ writing performance. Language, Learning and Technology, 19(2), 134–155.

Li, K. L., Razali, A. B., Samad, A. A., & Noordin, N. (2020). Effects of digital writing software as a tool for process approach to writing on teacher trainees’ academic writing performance. Journal of Asia TEFL, 17(4), 1346–1362. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2020.17.4.12.1346.

Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262.

Mertayasa, I. W. (2021). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 301–308. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34999.

Milies, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Pradnyawhati, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660.

Pranata, E. A., Christiana, E., & Chun – I, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Karakter Hanzi Runner Divisi China Wedding Di Perusahaan Varawedding. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 6(2), 18–29. https://doi.org/10.9744/century.6.2.18-29.

Rahim, B., Suparno, S., Erizon, N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.63.

Shammout, M. (2020). The Effect of Cooperative Learning Activities on Enhancing the Writing Skills of Syrian EFL Learners at Arab International University. Theory and Practice in Language Studies, 10(7), 791–797.

Shayakhmetova, L., Mukharlyamova, L., Zhussupova, R., & Beisembayeva, Z. (2020). Developing Collaborative Academic Writing Skills in English in Call Classroom. International Journal of Higher Education, 9(8), 13–18. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p13.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036.

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.

Sumerta, I. W., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18085.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65 – 67. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92.

Susila, A. B., Indiyahni, I., & Bakri, F. (2021). TPACK in blended learning media: Practice 4C skills for rotational dynamics in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012046.

Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.

Swedberg, R. (2020). Exploratory Research. The Production of Knowledge, 17–41. https://doi.org/10.1017/9781108762519.002.

Tran, V. D. (2019). Does cooperative learning increase students’ motivation in learning? International Journal of Higher Education, 8(5), 12–20. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n5p12.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurna Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Vegetari, A. G., Widiati, U., & Soetjipto, B. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1446–1452. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp.

Wang, T.-P. (2007). The comparison of the difficulties between cooperative learning and traditional teaching methods in college English teachers. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 3(2), 23–30.

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166.

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567.

Yamtinah, Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262.

Yeh, H. C., Heng, L., & Tseng, S. S. (2020). Exploring the impact of video making on students’ writing skills. Journal of Research on Technology in Education, 53(4), 446–456. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1795955.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Amalia, I. (2023). Kebutuhan Model Pembelajaran Kooperatif Menulis Akademik dengan Pendekatan Proses. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 257–265. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.57969

Issue

Section

Articles