Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Perjalanan dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58446Keywords:
Discovery learning, alat peraga, kompetensiAbstract
Dalam pembelajaran matematika, seorang guru harus mampu menemukan cara terbaik dalam menyampaikan konsep matematika yang diajarkannya. Namun sesuai dengan kenyataan, penguasaan kompetensi muatan Matematika masih kurang, karena muatan matematika dianggap sebagai muatan materi yang sulit oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 221 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Tes kompetensi pengetahuan matematika diberikan pada saat post-test secara tertulis. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji Ankova. Hasil dari uji hipotesis diperoleh Fhitung= 69,24 > Ftabel = 4,04 dengan taraf signfikansi 5%, dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 48. Rata-rata posttest kelompok eksperimen X1 = 84,15 > X2 = 69,28 rata-rata posttest kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas II SD. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan bagi peneliti lain yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai model Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan.
References
Adnyana, I. M. W., Putra, I. K. A., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tat Twam Asi Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips. International Journal of Elementary Education, 1(4), 298–306. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12961.
Andari, T., & Pambudi, A. P. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Alat Peraga Dengan Tanpa Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Vii Smp N 2 Wungu. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 48–58. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.838.
Andhani, N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.12543.
Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 79–89. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177.
Armin, R., & La Ulu, N. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(1), 156–162. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.881.
Armin, Rismayani, & Purwati, W. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 81–86. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.394.
Asmidi, A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4(2). https://doi.org/10.26418/jpp.v4i2.40494.
Basiran, B., Supriadi, S., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Spasial Siswa SD Kelas V Di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1148–1154. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16530.
Berlinda, K., Maizora, S., & Hanifah, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 185–193. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.185-193.
Christianti, M. R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707.
Christiawati, N. M. D., & Darsana, I. W. (2020). Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 4(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390.
Dewi, N. L. E. K., Putra, D. K. N. S., & Asri, I. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409.
Handayani, I. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Think-talk-write (Ttw) dengan Berbantu Cabri II Plus 1.4 dan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Segitiga dan Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 41–55. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1418.
Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.
Jonas, R. P., & Murniati, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(3), 477. https://doi.org/10.36709/jppm.v9i3.20737.
Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lkpd Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495.
Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304.
Maretayani, N. W., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Permainan Snakes and Ladders Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Journal of Education Technology, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11747.
Nufus, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Alat Peraga Papan Sisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 29–35. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1662.
Nurfitriyana, S. (2021). Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.346.
Nurhadi, N., & Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pemberian Motivasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Palapa, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696.
Purnawan, I. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 211–218. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15404.
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.83-92.
Putriani, D., & Rahayu, C. (2018). The effect of discovery learning model using sunflowers in circles on mathematics learning outcomes. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 22–25. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.26.
Rahmi, A., Nuraina, N., & Listiana, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2), 134–142. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6499.
Rhadita, R. I., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan “Kuba-Kusa” Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 266–276. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.538.
Rosyida, U., Islami, N., & Azhar, A. (2022). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Type Tgt Assisted by Kahoot Application To Improve Students’ Cognitive Learning Outcomes Material Pressure Substance Class VIII Middle School. Journal of Educational Sciences, 6(4), 637–644. https://doi.org/10.31258/jes.6.4.p.637-644.
Safitri, A., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 44–49. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.675.
Sumartono, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Alat Peraga Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Smp Dr. Soetomo Surabaya Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 3(4), 170–216. https://doi.org/10.25139/sm.v3i4.1037.
Wati, M., Syamsuddin, A., & Rukli, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834.
Widiasih, N. L. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14717.
Winaya, I. M. A., & Kurniati, P. E. (2020). Berbantuan Permainan Bingo Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Di SD Tegaljaya. Widya Accarya, 11(2), 165–177. https://doi.org/10.46650/wa.11.2.943.165-177.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Kerti Kuntari, I Wayan Wiarta , D.B.Kt.Ngr.Semara Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)