Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59576Keywords:
Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Lunturnya pemahaman terhadap pengimplementasian nilai-nilai pancasila yang terjadi pada peserta didik dalam pendidikan saat ini, menjadi persoalan sangat berat yang dihadapi oleh guru disekolah, kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila sebagai kegiatan kokurikurer sekolah berbasis projek menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila terdapat peran dari guru, salah satunya guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran guru PAI dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI sebagai fasilitator yang memiliki empat prinsip yaitu holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif, dengan menamakan enam dimensi yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif kepada peserta didik. Implikasi penelitian ini guru dapat meningkatkan kompetendi diri, sehingga dapat menerapkan model pelajar Pancasila.
References
Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.
Afryand, A. I., & Sapriya. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Pusat Studi Pancasila sebagai Upaya Penguatan Ideologi Bangsa Bagi Genarasi Muda. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 10. https://doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4523.
Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791.
Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka : Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710–12719. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2259.
Anggraini, N., Nazip, K., Wardhani, P. K., & Andriani, D. S. (2021). Analysis of Environmental Literacy Skill of Biology Teacher Candidates in Human and Environmental Courses. SEJ (Science Education Journal), 5(1), 29–40. https://doi.org/10.21070/sej.v5i1.1169.
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 14(1). https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2.
Aprilina Tarigan, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.462.
Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819.
Darmayanti, M., Cahya Anasta, N. D., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2022). Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru Melalui Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2). https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.21035.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Strengthening Pancasila Values During the Covid-19 Pandemic. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2411–2417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.443.
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876.
Fauziah, H., Trisno, B., & Rahmi, U. (2023). Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 25–29.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2949.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350.
Hidayat, F., Marisa, C., & Hilaliyah, H. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila untuk Sekolah Dasar melalui Pendekatan Sastra Anak. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 18–28. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6294.
Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527.
Iis, N., Arita, M., Maratun, N., & Nugraheni, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Project based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950.
Julianto, I. R. (2023). Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 204–210. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.166.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576.
Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.
Ngiu, Z., Djafri, N., & Arwildayanto, A. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1429–1438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1798.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Nurfauziah, A., Ayu, L. T., Suciana, H., & Gulo, R. S. (2022). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.33.
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.
Patabang, A., & Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418–1427. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.584.
Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 95. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253.
Rahmawati, M., & Harmanto, H. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewapembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59–72. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/11881.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.140.
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi, 6(6), 6924 – 6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interakif dan konstruktif. Alfabeta.
Sulianti, A., Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.
Susi, S., Agustina, R., Janah, M., Mayang Sari, S., Sartika, D., & Agustanti, A. (2013). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Kajian Study Literatur). Journal on Education, 6(1), 3782–3793. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3488.
Susiana, D., & Rendra, N. T. (2021). Mathematics E-LKPD With Project-Based Learning and HOTS Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 289–298. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516.
Suttrisno, F. Z. R. (2021). Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah di Bojonegoro. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480.
Ulfah, U., & Susandra, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Siswa SMK Terpadu Ad-Dimyati Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 578–587. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.317.
Widiyono, A., Minardi, J., & Nuraini, L. (2022). Pengembangan Diology Water Cycle dalam Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 131–138. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/10412.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chindria Wati Kartiwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)