Number Head Together berbantuan Video Meningkatkan Passing Sepak Bola Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Authors

  • Komang Irfan Tri Eri Eryanto Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60458

Keywords:

NHT, Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Peserta didik kurang bersemangat dalam melakukan teknik dasar passing dan kurangnya penggunaan video pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar kurang. Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui model pembelajaran NHT berbantuan video pembelajaran. Penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimental) dengan pola dasar rancangan faktorial 2x2 pretest-postest control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 74 orang. Metode pengumpulan data hasil belajar dengan test unjuk kerja teknik passing dan motivasi belajar dengan kuesioner. Analisis data dengan post test only control group design (gain score). Uji Prasyarat analisis melalui uji normalitas dan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh nilai statistik F sebesar 35,614 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar passing sepak bola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video dan peserta didik yang tidak menggunakan model dan berbantuan video. Dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar.

Published

2023-12-29

How to Cite

Eryanto, K. I. T. E. ., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2023). Number Head Together berbantuan Video Meningkatkan Passing Sepak Bola Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60458