Number Head Together berbantuan Video Meningkatkan Passing Sepak Bola Ditinjau dari Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60458Kata Kunci:
NHT, Video, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Peserta didik kurang bersemangat dalam melakukan teknik dasar passing dan kurangnya penggunaan video pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar kurang. Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui model pembelajaran NHT berbantuan video pembelajaran. Penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimental) dengan pola dasar rancangan faktorial 2x2 pretest-postest control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 74 orang. Metode pengumpulan data hasil belajar dengan test unjuk kerja teknik passing dan motivasi belajar dengan kuesioner. Analisis data dengan post test only control group design (gain score). Uji Prasyarat analisis melalui uji normalitas dan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh nilai statistik F sebesar 35,614 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar passing sepak bola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video dan peserta didik yang tidak menggunakan model dan berbantuan video. Dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agussani. (2020). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science : Facing the Industrial Revolution 4 . 0 Era. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IV(3), 32–39.
Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Is Video-Based Education an Effective Method in Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014.
Akabar, A., Dehasen Bengkulu Corresponding Author, U., Meranti Raya Nomor, J., Lebar, S., & Bengkulu, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar teknik passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalui metode bermain berpasangan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Educative Sportive-EduSport, 2020(2). https://doi.org/10.33258/edusport.v1i02.1237.
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186.
Alfani, R., & Satria, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Sepak Bola Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kader Bangsa Palembang. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2). https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1583.
Arjulayana. (2018). The Use Of Video In Teaching Writing On Procedure. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture, 7(1), 148–157. https://doi.org/10.31000/globish.v6i2.660.
Budiyanti, L., Heru, H., & Busti, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantu LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika Liana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12783.
Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717.
Diana, L. M. (2021). Model Numbered Head Together Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18.
Eldisyam, E. (2021). Penggunaan Model NHT untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Kelas X TP 1 SMK N 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.927.
Hariyana, W. O. (2019). Penerapan NHT Menggunakan Buklet Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Sang Pencerah, 3(1). https://doi.org/10.35326/pencerah.v3i1.268.
Hasniah, H., & Burhanuddin, S. (2021). Saintific Approach With Number Head Together Learning Model Can Improve Sprint Learning Outcomes. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(1), 01–08.
Herry, I. P., Andika, W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 93. https://doi.org/10.5281/zenodo.4423396.
Irawan, G., Sugiarto, T., & Kurniawan, A. W. (2020). Upaya Meningkatkan Akurasi Teknik Passing Menggunakan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(2). https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.19976.
Isral, I., Waskito, W., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas Xii Jurusan Teknik Pemesinan Smk N 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1). https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.18.
Janwae, M., Munandar, W., & Suhardianto. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Teknik Passing Dalam Permainan Sepakbola Melalui Media Audiovisual Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp Citra Mulia Makassar. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2). https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1481.
Kalimuddin, R. B., Natsir, M., & Rahmawati. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (NHT) pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(3). https://doi.org/10.51454/jpp.v2i3.149.
Kismono, A., & Dewi, R. (2021). Kontribusi Simulasi Game Terhadap Passing Sepak Bola. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 1(2), 90–95. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.304.
Kuhuwael, W. C., Ondang, J. D., & Gama, F. I. (2022). Efektivitas Media Kartu Bergambar. Kompetensi, 2(7). https://doi.org/10.36582/kompetensi.v2i07.4771.
Luh, N., Lindiana, P., Utami, O., Lanang, I. G., & Parwata, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Budaya Hidup Sehat Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. JOE, 5(3).
Maulana, M. W., Iqbal, M., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Sepak Bola dengan Menggunakan Metode Latian Passing Diamond. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Mulyoharjono, L. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Bola Dengan NHT. JPG, 3(2).
Noordia, M. A. & A. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing Pada Pemain Sepak Bola SSB Putra Permata Usia 10- 12 Tahun Di Kabupaten Tuban. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3).
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.
Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 11 – 26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.
Priyo Utomo, N., & Indarto, P. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing dalam Sepak Bola. Jurnal Porkes, 4(2). https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4578.
Putra, R. A., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 101. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816.
Sanjaya, P. M. D. (2020). Penerapan Model NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Renang. Tadulako, 0383(1).
Septrima, Y., & Lena, M. S. (2020). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal …, 8(9).
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1). https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507.
Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766.
Sumaeda, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru Peserta Didik Kelas V Sd N 4 Padangkerta. Jurnal IKA, 18(2).
Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 66 – 72. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.35.
Tullah, M. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2). https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39709.
Upu, H., Intang, B., & Akhmad, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika. IMED (Issues In Mathematics Education), 2(2). https://doi.org/10.35580/imed9494.
Wang, S., Wang, J., Li, J., & Yang, F. (2020). Do motivations contribute to local residents’ engagement in pro-environmental behaviors? Resident-destination relationship and pro-environmental climate perspective. Journal of Sustainable Tourism, 28(6), 834–852. https://doi.org/10.1080/09669582.2019.1707215.
Workala, R. (2021). Implementasi Pendekatan Scientific Kooperatif NHT Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12351.
Yasir Hidayat, & I Ketut Semarayasa. (2022). Model Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1). https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1890.
Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1396.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Komang Irfan Tri Eri Eryanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)