Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Bernalar Kritis Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Desak Made Sri Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61461

Keywords:

Think Talk Write, Tri Kaya Parisudha, Bernalar Kritis

Abstract

Bernalar kritis sangat penting agar peserta didik mampu memahami konsep hingga melewati proses penemuan dalam pembelajaran IPA. Namun, kenyataannya kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah karena siswa belum mengimplementasi karakter bernalar kritis dengan baik, kemampuan siswa dalam menalar suatu masalah belum dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 227 orang. Teknik sampling menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pada pengujian hipotesis dari hasil uji-t sampel independen nilai pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis.

Published

2023-12-29

How to Cite

Rahayu, D. M. S. ., Agustiana, I. G. A. T. ., & Dharmayanti , P. A. . (2023). Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Bernalar Kritis Mata Pelajaran IPA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61461