Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Bernalar Kritis Mata Pelajaran IPA

Penulis

  • Desak Made Sri Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61461

Kata Kunci:

Think Talk Write, Tri Kaya Parisudha, Bernalar Kritis

Abstrak

Bernalar kritis sangat penting agar peserta didik mampu memahami konsep hingga melewati proses penemuan dalam pembelajaran IPA. Namun, kenyataannya kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah karena siswa belum mengimplementasi karakter bernalar kritis dengan baik, kemampuan siswa dalam menalar suatu masalah belum dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 227 orang. Teknik sampling menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pada pengujian hipotesis dari hasil uji-t sampel independen nilai pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis.

Referensi

Adi Putra, I. M. D., Rati, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27529.

Agustiana, I. G. A. T., Ariana, I. G. Y., & Dibia, I. K. (2020). The Effect Of Quantum Teaching Learning Model With Tri Kaya Parisudha Toward Nartural Science Learning Outcome. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 843–854. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8048 THE

Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Penerbit Ombak.

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of blended learning based on tri kaya parisudha using kelase platform in realizing hybrid-superitem learning in mathematics lessons. International Journal of Instruction, 13(3), 679–698. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13346a.

Arikunto, S. (2016). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.

Artawan, ketut ngurah, & Ardiawan, i ketut ngurah. (2018). Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri Kaya Parisudha. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–212.

Artini, N. P. Y., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8623.

Cahyani, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Repository Undiksha.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6133.

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372.

Jami’atun, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 599–604.

Juniawati, Y., Syaban, M., & Retnaningrum, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 2(1), 136–148.

Karmini, N. W., Yudari, A. A. K. S., Suasthi, I. G. A., Hadriani, N. L. G., & Setini, M. (2021). Model of Humanism Education based on Local Wisdom in Elementary School in Bali. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 1056–1063. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150.

Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Luthpiana, S. V., Indihadi, D., & Mulyadiprana, A. (2021). Analisis Kebutuhan Buku Cerita Situs Gunung Padang Berbasis Profil Pelajar Pancasila di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1008–1014. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41897.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Perawati, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931.

Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405.

Riyati, Y., Bustami, Y., & Julung, H. (2021). Pengaruh Think Talk Write Berbasis Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 57–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v9i1.22269.

Sani, L. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 165–175.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suparya, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Widyacarya Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 2(2), 19–24.

Suparya, I. K. (2020). Pengaruh Metode Belajar Tri Kaya Parisudha Pada Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Religiusitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 126–136.

Utami, S. R., Lokaria, E., & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo. LP3MKIL: Simpalari Sains and Education, 1(1), 32–40.

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695.

Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3), 355. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Sri Rahayu, D. M. S. ., Agustiana, I. G. A. T. ., & Dharmayanti , P. A. . (2023). Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Bernalar Kritis Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 451–457. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61461

Terbitan

Bagian

Articles