Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Bernalar Kritis Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61461Kata Kunci:
Think Talk Write, Tri Kaya Parisudha, Bernalar KritisAbstrak
Bernalar kritis sangat penting agar peserta didik mampu memahami konsep hingga melewati proses penemuan dalam pembelajaran IPA. Namun, kenyataannya kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah karena siswa belum mengimplementasi karakter bernalar kritis dengan baik, kemampuan siswa dalam menalar suatu masalah belum dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 227 orang. Teknik sampling menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pada pengujian hipotesis dari hasil uji-t sampel independen nilai pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran TTW berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis.
Referensi
Adi Putra, I. M. D., Rati, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27529.
Agustiana, I. G. A. T., Ariana, I. G. Y., & Dibia, I. K. (2020). The Effect Of Quantum Teaching Learning Model With Tri Kaya Parisudha Toward Nartural Science Learning Outcome. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 843–854. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8048 THE
Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Penerbit Ombak.
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.
Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of blended learning based on tri kaya parisudha using kelase platform in realizing hybrid-superitem learning in mathematics lessons. International Journal of Instruction, 13(3), 679–698. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13346a.
Arikunto, S. (2016). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Artawan, ketut ngurah, & Ardiawan, i ketut ngurah. (2018). Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri Kaya Parisudha. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–212.
Artini, N. P. Y., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8623.
Cahyani, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Repository Undiksha.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6133.
Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372.
Jami’atun, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 599–604.
Juniawati, Y., Syaban, M., & Retnaningrum, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 2(1), 136–148.
Karmini, N. W., Yudari, A. A. K. S., Suasthi, I. G. A., Hadriani, N. L. G., & Setini, M. (2021). Model of Humanism Education based on Local Wisdom in Elementary School in Bali. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 1056–1063. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150.
Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).
Luthpiana, S. V., Indihadi, D., & Mulyadiprana, A. (2021). Analisis Kebutuhan Buku Cerita Situs Gunung Padang Berbasis Profil Pelajar Pancasila di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1008–1014. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41897.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Perawati, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931.
Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405.
Riyati, Y., Bustami, Y., & Julung, H. (2021). Pengaruh Think Talk Write Berbasis Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 57–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v9i1.22269.
Sani, L. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 165–175.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suparya, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Widyacarya Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 2(2), 19–24.
Suparya, I. K. (2020). Pengaruh Metode Belajar Tri Kaya Parisudha Pada Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Religiusitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 126–136.
Utami, S. R., Lokaria, E., & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo. LP3MKIL: Simpalari Sains and Education, 1(1), 32–40.
Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695.
Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3), 355. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Desak Made Sri Rahayu, I Gusti Ayu Tri Agustiana, Putu Ari Dharmayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)