PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11989Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan bahasa inggris pada anak kelompok B TK Mahardika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Mahardika dengan jumlah 43 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah posttest only control group design. Data keterampilan membaca dan menulis permulaan dikumpulkan dengan lembar observasi. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F = 4,871 dengan p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F= 25,780 dengan p < 0,05), (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan dan menulis permulaan bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)