PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR

Authors

  • I.W. Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan bahasa inggris pada anak kelompok B TK Mahardika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Mahardika dengan jumlah 43 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah posttest only control group design. Data keterampilan membaca dan menulis permulaan dikumpulkan dengan lembar observasi. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F = 4,871 dengan p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F= 25,780 dengan p < 0,05), (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan dan menulis permulaan bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika.

Downloads

Published

2017-10-05

How to Cite

Sudiarta, I. (2017). PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11989