PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR SABDA-PRATYAKSA-ANUMANA (SPA) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUBU TAHUN PELAJARAN 2010/2011
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11991Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikuti model pengajaran langsung (direct instruction), 2) perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikuti model pengajaran langsung (direct instruction), dan 3) perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikutipengajaran langsung (direct instruction). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kubu tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 118 orang. Sampel berjumlah 80 orang diambil dengan cara random kelas. Data penelitian berupa pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah. Data pemahaman konsep IPA dikumpulkan dengan menggunakan metode instrumen tes, dan data sikap ilmiah dikumpulkan dengan menggunakan metode instrumen angket. Data dianalisis dengan teknik Multiple Analysis of Varian (MANOVA), dan dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikuti model pengajaran langsung (harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s largest Root =12,884; p < 0,05), 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikuti model pengajaran langsung (harga Ftest of between-subjectts effects = 9,991;(p < 0,05), dan 3) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar SPA dan siswa yang mengikuti model pengajaran langsung (harga Ftest of between-subjectts effects = 15,371; p < 0,05). Hasil deskripsi statistik dan uji lanjut LSD menyatakan bahwa untuk pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah model pembelajaran siklus belajar SPA lebih unggul dari pada model pengajaran langsung (LSDhit< |∆µ|).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)