MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING BERBASIS PETA KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13976Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas V SD Kalibukbuk-Buleleng yang berjumlah 148 siswa dan sampel penelitian berjumlah 74 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 7,345; p < 0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi dalam pembelajaran IPS antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 17,580; p < 0,05), dan (3) Secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Accelerated Learning berbasis Peta Konsep secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional (F = 12.006; p < 0,05).References
Atrup. 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran Berdasarkan Model Accelerated Learning (MAL) Sains Kelas V Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://docs.google.com/viewer? a=v&q=cache:3IHBYzy jXVcJ: pas ca. um.ac.id/wp-content/uploads /2010/Abstrak%25202008/S3-1/1-u mp ul%2520 abst rak%2520TEP-S3-1.doc+penerapan+Model+ Accel erated +learning+di+S D &l=id&gl =id&pid=bl &srcid=ADGEES g5muk Tjlvnwkn (diakses tanggal 15 Maret 2011).
Candiasa, I Made. 2007. Statistik Multivariat Petunjuk Analisis dengan SPSS, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Fatnasari, Elisa. 2008. “Implementasi Accelerated Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD N Cemara 2 No. 13 Surakarta)”. Tersedia pada http://etd.eprints.ums.ac.id/501/ (diakses tanggal 15 Maret 2011).
Goleman. 2003. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lasmawan, Wayan 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.
Rose, Colin & Malcolm J. Nicholi. 2002. Accelerated Learning for the 21st Century. Jakarta: Nuansa.
Setyo Pambudi, Danang. 2010. “Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 3 Bayat Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2009/2010”. Tersedia pada http://beduatsuko.blogspot.com/2009/02/skripsi-Strategi-Pembelajaran-Peta-Konsep.html (diakses tanggal 20 juni 2012).
Suarni, N. K. 2004. “Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates”. Disertasi. Yogyakarta. PPS UGM Yogyakarta.
Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)