KEEFEKTIFAN MEDIA SPOTLIGHT BOOK DENGAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Sofiana Khoerunnisa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16221

Abstract

This research aimed to identify and analyze the effectiveness of spotlight book media with SAVI model towards the critical thinking skill of students on IPS studies, 4th Grade of SD N Wangandalem 01 Brebes. This research was a quantitative research with research design that was Pre Experimental Design in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The variable that used by researcher is dependent variable (attached) that was the critical thinking skill of students and independent variable (free) that was spotlight book media with SAVI model. The data collection of this research was giving 10 questions of critical thinking skill of students on pre-test and post test, for getting the different result of critical thinking skill of students between before and after doing that. For applying spotlight book media with SAVI model was obtained the enhancement result of average value of students’ critical thinking skill as much as 15.27% from 63.92 to 79.19. Keywords: Critical thinking skill, Spotlight Book, SAVI

References

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Astawan, I Gede dan Dewa Nyoman Sudana. 2013. Penerapan Model Pembelajaran SAVI bermuatan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD 8 Tianyar Barat. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis. Jakarta:Erlangga.

Fitriyani, Ign. I Wy. Suwatra, Nym. Kusmariyatni. 2015. Pengaruh Model Savi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1

Huda, Miftahul.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung:PT. Refika Aditama.

Mariya, Dian, Zaenuri Mastur, Emi Pujiastuti. 2013. Eefektifan Pembelajaran Savi Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Mathematics Education 2 (2).

Sadiman, Arief. S. 2014. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT. RajaGrafindo Pesada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsio

Sudjana, Nana, Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALVABETA.

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALVABETA.

. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Bima Bayu Atijah

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana

Suwandi, Sarwiji. 2011. Model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta:Yuma Pessindo

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu:Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Bumi Aksara

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Yulyanitha, Ni Luh Devi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Undiksha.

Yusuf, Syamsu dan Nani M Sugandhi. 2013. Perkembangan Peseta Didik. Jakarta:PT. Rajagrafindo. Persada

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Khoerunnisa, S. (2018). KEEFEKTIFAN MEDIA SPOTLIGHT BOOK DENGAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16221