UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERAKSARA BALI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE

Authors

  • Ni Nyoman Perni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16236

Abstract

The main objectives of the study were: (1) improving the reading skills of Balinese-language discourse in class IX B4 Singaraja Public Middle School 6 semester 2018/2019 academic year, and (2) knowing the responses of class IX B4 Singaraja Public Middle School 6 semester academic year 2018/2019 towards the application of the Think-Pair-Share Cooperative learning model. This research is a classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely: planning, action, observation / evaluation, and reflection. The subjects of this study were class IX B4 Singaraja Public Middle School 6 2018/2019 academic year as many as 31 students. Data on students' skills in reading Balinese-language discourse was collected through skills tests and data on student responses to the application of learning models collected through questionnaires at the end of cycle II. Data collected was analyzed descriptively. The results showed that: (1) the application of the Think-Pair-Share learning model can improve students' skills in reading Balinese literary discourse, namely from the average value of 79 (good) in the first cycle to 85 (very good) in the second cycle, and (2) student responses to the application of the Think-Pair-Share learning model are classified as very positive. Keywords: Cooperative Think-Pair-Share, Balinese literary discourse.

References

Antara. 1994. Kesusastraan Bali Purwa. Singaraja: STKIP Singaraja.

Arikunto, Suharsini. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawan, Agus. 2010. Kemampuan Membaca Wacana Berhuruf Bali kelas IX SMP Negeri 2 Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2009/2010. Denpasar IKIP PGRI BALI.

Dipraya, Nugrah Wahyu. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan.

Fanata, Yulianti Devi, Luthfiyah Nurlaela. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Kompetensi Dasar Teknik Pengolahan Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK YPM 2 Taman-Sidoarjo. e-journal Boga, Volume 5, No. 1, Edisi Yudisium Periode Februari 2016, Hal 63-68.

Ihsan, M. 2011. Penerapan Model TPS Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Indriasih, Aini. 2014. Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair and Share sebagai Inovasi Pengajaran IPS di SD. Universitas Terbuka UPBJJ-UT Semarang, 40(1):72-85

Jannah, Rikhinati, A. N. C. Saputro, & S. Yamtinah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Disertai Buku Saku untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4):19-23.

Nugraha, D. A., E. Susanti VH, & M. Masykuri. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMA 2 N Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4):174-181

Sabil, Husni. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe ThinkPair-Share pada Materi Penampang dan JaringJaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica, 4(1):23-29

Simbolon, Usdin. 2017. Penerapan Model Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sudiana, I N. 2007. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutama, M. 2011. Mengapa Bahasa Indonesia Menjadi “Pembunuh” dalam UN. Dalam Opini Bali Post 27 Desember 2011.

Tarigan, 2015. Membaca sebagai suatu Keteramppilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni & R. Hasanah. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Dengan strategi TPS (Think Pair Share) dalam Model Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Panas Di Kelas VII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3):89-94

Winayah, I. R., Sudarti, & Nuriman. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII B SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(4).

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Perni, N. N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERAKSARA BALI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 359–367. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16236