PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DINAMIKA LITOSFER
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16312Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik semester II tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang,terdiri dari peserta didik laki-laki orang dan peserta didik perempuan.Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Data yang diperoleh diambil dari hasil observasi,dan data tentang refleksi peserta didik yang diambil dari angket setiap akhir pertemuan. Diukur dari hasil pengamatan berdasarkan lembar observasi,maka peserta didik dinyatakan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 79 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 66,77%,dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran 82,35%. Pada hasil tes siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 82,ketuntasan belajar 88,24%,serta aktivitas belajar peserta didik 91,18%. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada kompetensi Dinamika litosfer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester II IPS tahun pembelajaran 2017/2018.References
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dahar, R. W. 2006. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar MengaJar. Jakarta: Bumi Aksara
Fitri M dan Derlina. 2015. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor [Electronic version]. Jurnal Inpafi Vol. 3(2) Mei 2015.
Galuh, A., dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014 [Electronic version]. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 (2) tahun 2015.
Kadri, M., Rahmawati, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan [Electronic version]. Vol.1 (1) Edisi Agustus 2015.
Khairul ,A. 2015. Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Banda Aceh [Electronic version]. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Vol. 3(2), Mei (2015).
Susanti E., dkk. 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentang ipa smp advent palu. 37 Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako [Electronic version], Vol. 5 (3): 36-41 Agustus 2016
Ulumia D F. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi [Electronic version]. Vol 7, (2): 68-79, Mei 2015.
Widiadnyana I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. [Electronic version] e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA [Electronic version] Vol. 4 (Tahun 2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)