PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DINAMIKA LITOSFER

Authors

  • Maria Edeltrudis SMAS Katolik Bhaktyarsa Maumere, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik semester II tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang,terdiri dari peserta didik laki-laki orang dan peserta didik perempuan.Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Data yang diperoleh diambil dari hasil observasi,dan data tentang refleksi  peserta didik  yang diambil dari angket setiap akhir pertemuan. Diukur dari hasil pengamatan berdasarkan lembar observasi,maka peserta didik dinyatakan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 79 dan presentase ketuntasan belajar sebesar  66,77%,dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran  82,35%. Pada  hasil tes siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 82,ketuntasan belajar 88,24%,serta aktivitas belajar peserta didik 91,18%. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada kompetensi Dinamika litosfer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester II IPS tahun pembelajaran 2017/2018.

References

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dahar, R. W. 2006. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar MengaJar. Jakarta: Bumi Aksara

Fitri M dan Derlina. 2015. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor [Electronic version]. Jurnal Inpafi Vol. 3(2) Mei 2015.

Galuh, A., dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014 [Electronic version]. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 (2) tahun 2015.

Kadri, M., Rahmawati, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan [Electronic version]. Vol.1 (1) Edisi Agustus 2015.

Khairul ,A. 2015. Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Banda Aceh [Electronic version]. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Vol. 3(2), Mei (2015).

Susanti E., dkk. 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentang ipa smp advent palu. 37 Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako [Electronic version], Vol. 5 (3): 36-41 Agustus 2016

Ulumia D F. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi [Electronic version]. Vol 7, (2): 68-79, Mei 2015.

Widiadnyana I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. [Electronic version] e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA [Electronic version] Vol. 4 (Tahun 2014)

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Edeltrudis, M. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DINAMIKA LITOSFER. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 378–384. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16312