Kontribusi Penguasaan Pengetahuan Produktif dan Pengalaman Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Siswa Berwirausaha di Jurusan Teknik Komputer Jaringan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21832Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang siapnya siswa kelas XII untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kontribusi penguasaan pengetahuan produktif terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (2) kontribusi pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (3) Kontribusi penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha.Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 6 Padang sebanyak 29 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan pengetahuan produktif berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 26,7%; (2) Pengalaman praktek kerja industri berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 29,2% dan (3) penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri berkontribusi secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 40,5%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada SMKN 6 Padang, agar meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar dengan cara memberikan pengayaan kepada siswa tentang pengetahuan produktif yang telah diberikan sehingga siswa dapat memahami kembali materi produktif dan melakukan pengawasan secara efektif terhadap pelaksanaan prakerin dengan baik.
Kata kunci: penguasaan pengetahuan produktif, Pengalaman praktek kerja industri, kesiapan berwirausaha
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Chalpin J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono).
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gunawan, Ary. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Khalil, O.E.M. 2015. Students’ Experiences With The Business Internship Program At Kuwait University (Versi Elektronik). The International Journal of Management Education, 13, 202-217.
Maureen Evita Santi. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kompetensi Keahlian, dan Intensitas Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Humaniora, Volume 1, Nomor 2HAL 127-135
Novia Dayu Nastiti. 2019. Penggaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. eJournal Administrasi Bisnis, 2019,7(1): 51- 63
Nurul Huda. 2015. Pengaruh Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Scaffolding Vol.4 No. 1, hal 64-70
Rasmussen, Einar A. Roger Sorheim. 2006. Action-based Entrepreneurship Education. Technovation 26 (2006) 185–194.
Riksa F Firdaus, Inu H Kusumah, Sulaeman Sulaeman. 2018. Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Berwirausaha. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 5, No. 1. Hal 99-105.
Sekarsari, A. 2012. Kesiapan Berwirausaha pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Pascasarjana, UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi,2 (2):154-168.
Siti Nurbaya. 2012. Faktor-faktor Yang mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 2, 95-105.
Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Renika Cipta
Soenarto. 2003. Kilas balik dan masa depan pendidikan dan pelatihan kejuruan.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sri Supraba, Dwi Rahdiyanta. 2013. Kesiapan berwirausaha siswa SMK kompetensi teknik komputer dan jaringan di Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3, No 3. Hal 347-358
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kaunitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Stevani. 2015. Pengaruh Praktek Kerja Industri dan Keterampilan Siswa terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMKN 3 Padang. Journal of Economic and Economic Education Vol.3 No.2 (184 - 193)
Tony Wijaya. 2007. Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (9, 2, 117-127).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)