Pola Argumen Toulmin pada Proses Pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura

Authors

  • I Nengah Suartha Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I Gusti Agung Nyoman Setiawan Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Anak Agung Rai Sudiatmika Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24151

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pola argumen Toulmin pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data dari empat orang guru IPA serta siswa kelas VII dan VIII. Sumber data dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Penelitian bertempat di SMP Negeri 1 Amlapura, dan dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola argumen Toulmin pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura terdiri dari 2 pola dengan variasinya. (2) kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura 64,40% pola Ground-Claim dengan kategori lemah dan 35,60% pola Warrant-Ground-Claim dengan kategori cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Pola argumentasi pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura terdiri atas pola Claim-Gorund dan Claim-Ground-Warrant dengan variasinya. (2) Kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura 64,40% dengan kategori lemah dan 35,60% dengan kategori cukup kuat. Jadi kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura bervariasi dari lemah dan cukup kuat, karena lemahnya pengawasan dari kepala sekolah dan pengawas akademik dalam bentuk supervisi akademik, sumber belajar yang tersedia hanya berupa buku paket, proses pembelajaran tanpa mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun.

Kata kunci: Pola Argumen Toulmin, Proses Pembelajaran IPA SMP

References

Abbas, S. dan Sawamura, H. 2009. Developing an Argument Learning Environment Using Agent-Based ITS (ALES). Education Data Mining. 1: 200-209.

Aizikovitsh-Udi, E., and Cheng, D. 2015. Developing critical thinking skills from dispositions to abilities:Mathematics education from early childhood to high school. Creative Education 6(4): 455-462.

Demetris Lazarow. 2009. Learning to TAP: an Effort to Scaffold Students’ Argumentation in Science. Contemporary Science education Research: Scientific Literacy and Social Aspects of Science ESERA Conference.

Desstya, Anatri. 2016. Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, Hal. 193-200. Tersedia Pada: http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/download/1002/679.

Fardhani, I. 2015. Analisis Kualitas Argumentasi Siswa Kelas VII SMP pada Materi Ekosistem dengan Metode Debat. UPI Bandung, h. 31.

Handayani, Putri, Murniati, Sardianto M S. 2015. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, Hal. 60-68. Tersedia Pada: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/2355.

Herlanti, Y., Rustaman, NY., Rohman dan Fitriani, A. 2012. Kualitas Argumentasi Pada Diskusi Isu Sosiosaintifik Mikrobiologi Melalui Weblog. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1 (2): 168-177.

Khusnayain, A., dan Suyatna, A. 2013. Pengaruh Skill Argumentasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (4).

Maloney, J. and Simon, S. 2006. Mapping Children’s Discussions of Evidence in Science to Access Collaboration and Argumentation. International Journal of Science Education. 2 (15).

Simon, S. and Johnson, S. 2008. Professional Learning Portfolios for Argumentation in School Science. International Journal of Science Education. 30 (5): 669-688.

Slavin, R. E. 2009. Psikologi pendidikan: Teori dan praktik Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Sugandi. 2015. Pengaruh Penggunaan Pola Argumentasi Toulmin Pada Pembelajaran Fisika Melalui Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kualitas Argumentasi Siswa SMA. Repository.upi.edu

Remieier, T. et al. 2009. The Quality of Students Argumentation and Their Conceptual Understanding-An Exploration of Their Interrelationship. Contemporary Science Education Research: Scientific Literacy and Social Aspects of Science ESERA Conference.

Toulmin. 2003. An Introduction to Reasoning. New York: Macmillan Publishing.

Wardani, A.D. 2016. Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA pada Materi Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. (I), ISBN: 978-602-9286-21-2

Downloads

Published

2020-03-20

How to Cite

Suartha, I. N., Setiawan, I. G. A. N., & Sudiatmika, A. A. R. (2020). Pola Argumen Toulmin pada Proses Pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24151

Issue

Section

Articles