Aplikasi Latihan Soal Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning

Authors

  • Irma Eka Ariyani Muhammadiyah Surakarta University
  • Nur Lailatul Hibatullah T. Muhammadiyah Surakarta University
  • Yustika Indrijati Muhammadiyah Surakarta University
  • Miftakhul Huda Muhammadiyah Surakarta University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.24594

Keywords:

Aplikasi Latihan Soal, E-Learning

Abstract

Masih banyak guru yang kurang paham atau kurang tepat dalam menerpakan strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajar, sehingga kesuksesan dalam proses pembelajaran kurang efisien atau kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi latihan soal bahasa Indonesia berbasis e-learning. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) salah satu penelitian yang mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan studi dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data dan triangulasi. Hasil penelitian meliputi proses pengembangan aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur untuk menyajikan latihan soal. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi ini dapat digunakan pada evaluasi pembelajaran. implikasi penelitian ini dalalm menenerapkan pembelajaran E-learning menggunakan aplikasi latihan soal dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Guru dapat membuat soal dengan mudah jika menggunakan aplikasi ini. Guru dapat mengevaluasi dan mengukur ketercapaian peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari, tanpa menggunakan atau membeli kertas, dengan begitu akan menghemat waktu serta biaya.

References

Adhi, S. B. (2018). Rancang Bangun Program Aplikasi Quiz Bahasa Inggris Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Jurnal Akrab Juara, 3(4), 292–302. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/416.

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Aprianto, N. E. K. (2021). The Role of Information and Communication Technology in Business. International Journal Administration Business & Organization, 2(1), 8–15. https://ijabo.a3i.or.id/index.php/ijabo/article/view/152.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10.

Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 7(1). https://doi.org/10.36448/jsit.v7i1.765.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656.

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–204. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Huda, M. (2018). Blanded Learning: Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130.

Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Irwandani, I., Ali, A., Susilo, S., Kurniawan, E., & Rahman, M. (2020). COVID-19 Outbreak on Environment: Profile of Islamic University Students in HOTS-AEP-COVID-19 and PEB-COVID-19. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 167–178. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6283.

Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64.

Nurhayati, S., & Muharamsah, L. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita. JOINS (Journal of Information System), 5(2), 200–207. https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873.

Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Journal of Education and Instruction, 3(2), 296–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612.

Sayyidati, R., & Effendy, I. (2018). Aplikasi Latihan Soal PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Studi Kasus: SMA PGRI Pelaihari. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(1), 45–50. https://doi.org/10.34128/jsi.v4i1.129.

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Shetu, S. F., Rahman, M. M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, M. A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-learning framework: A new hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2(April), 100038. https://doi.org/10.1016/j.crbeha.2021.100038.

Sjukur, S. B. (2012). The Effects of Blended learning On The Learning Motivation and Achievement Students level SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–278. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043.

Sofralda, Suci & Atika Latifa, A. M. P. (2019). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Daring Di SMPIT Al-Islah Cibinong. Jurnal Ilmiah Islam, 2(1), 11–17. http//jurnal.iuqibogor.ac.id.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Wan Normeza Wan Zakaria, Abas, H., Masrom, M., Mohdali, R., & Mohamed, N. N. N. (2019). Development of Self-learning Economics App for Secondary School Students in Malaysia Based on Information Processing Model. TEM JOURNAl, 8(3), 908 – 914. https://doi.org/10.18421/TEM83-31.

Wardani, W. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar, Fasilitas, dan Metode Mengajar Guru melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1307–1315. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.553.

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. , 7(2), . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284.

Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Ariyani, I. E., Hibatullah T., N. L., Indrijati, Y., & Huda, M. (2021). Aplikasi Latihan Soal Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 184–191. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.24594

Issue

Section

Articles