PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN

Authors

  • Isda - Yanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - UNTIRTA
  • Lukman - Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - UNTIRTA
  • Ahmad - Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - UNTIRTA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320

Keywords:

Media Pembelajaran, Adobe Flash, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Pada proses pembelajaran IPA bukan hanya menjelaskan berdasarkan kompetensi dasar yang diorganisasikan ke dalam kompetensi inti saja, melainkan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi pendidik untuk dapat memudahkan peserta didik dalam mencapai pembelajaran dan membuat peserta didik antusias dalam belajar yang sesuai sehingga mempermudah penyerapan atau pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran IPA dengan materi daur hidup hewan di kelas IV dan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang memenuhi kriteria layak diimplementasikan pada materi daur hidup hewan di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Sugiyono yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Media pembelajaran ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV B SDN Melandang. Hasil uji ahli media menunjukan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,45% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli materi menunjukan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Adobe Flash yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi daur hidup hewan.

Author Biography

Isda - Yanti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - UNTIRTA

-

References

Adittia, A. (2017) “Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd,” Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd, 4(1), hal. 9–20. doi: 10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.

Arifin, Z. (2018) “Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ) ISSN : 2337-6708 Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR KONSEP PEMASARAN ONLINE DI KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 SURABAYA Zainul,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06, hal. 130–137.

Bakhtiar, F. A. (2018) “Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar,” Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), hal. 16. doi: 10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363.

Desstya, Anatri Istiani Indah Novitasari, Aldi Farhan Razak, “Kukuh Sandy Sudrajat. 2017. Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah dasar)”. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, Hal. 1 – 11. Tersedia Pada: http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2745.

Dolong, H. M. Jufri. 2016. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Volume V, Nomor 2, Hal. 293-300. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3484.

Farida Hasan Rahmaibu, F. A. F. D. P. (2017) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn,” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

For, F. et al. (2016) “Pengembangan Media Kartun Ipa Pokok Bahasan Gaya Magnet Kelas V Di Sd Negeri 1 Sekarsuli,” hal. 38–45.

Fuad, A., Toha, M. dan Khasanah, F. N. (2020) “Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika,” 20(2), hal. 145–156.

Guru, P., Dasar, S. dan Pendidikan, F. I. (2016) “PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG Skripsi.”

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikan:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Kepel Press

Ineu, A., Oktapiani, R. dan Giyartini, R. (2020) “Indonesian Journal of Primary Education Pengembangan Media Ular Tangga tentang Lahirnya Pancasila untuk IPS Kelas V SD,” 4(1), hal. 56–68.

Irene, Khristiyono. (2016). ESPS IPS Kelas IV SD/MI. Jakarta : Erlangga.

Krissandi, A. D. S. (2018) “Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar,” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), hal. 68. doi: 10.25273/pe.v8i1.2233.

Kemendikbud (2017) “Siklus Hidup dan Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka,” hal. 3.

Khomaidah, S. dan Harjono, N. (2019) “Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi,” 2(2), hal. 143–148.

MAULIDTA, H. dan SUKARTININGSIH, W. (2018) “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), hal. 255038.

Pane, Aprida. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2 Hal. 333-352. Tersedia Pada: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0.

Permana, E. P. dan Nourmavita, D. (2017) “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” Jurnal PGSD, 10(2), hal. 79–85. doi: 10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Pravitasari, S. G. dan Yulianto, M. L. (2018) “Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Sdn 3 Tarubasan Klaten),” Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), hal. 37. doi: 10.23917/ppd.v1i1.3825.

Rawung, Ingriyani Yohana. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar di SD GKST II Poso Kota Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Volume. 1, No. 1, Hal. 49-55. Tersedia Pada: https://e-journal.my.id/atjpm/article/download/127/101

Sains, F. dan Banda, U. I. N. A. (2015) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TENTANG PEMBUATAN KOLOID Anjar Purba Asmara,” 15(2), hal. 156–178.

Salamah, E. R. (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia,” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), hal. 9. doi: 10.25273/pe.v7i01.1251.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metod, dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Group.

Sudjana, N. (2015). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori belajar &pem-belajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Taufiq, M., Dewi, N. R. dan Widiyatmoko, A. (2014) “Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema ‘konservasi’ berpendekatan science-edutainment,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), hal. 140–145. doi: 10.15294/jpii.v3i2.3113.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Yanti, I. .-., Nulhakim, L. .-., & Syachruroji, A. .-. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320

Issue

Section

Articles