Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934Keywords:
pengembangan, media, flipbookAbstract
Pembelajaran yang kurang menarik sering membuat siswa merasa bosan dan pada akhirnya tidak fokus untuk belajar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun media pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development and Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode yang digunakan yaitu metode non tes yang meliputi wawancara dan angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Uji coba pada penelitian pengembangan ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan menggunakan subjek yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penilaian media dari penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh presentase skor (98%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor (93%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, dan dari subjek uji coba perorangan dari siswa memperoleh presentase skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook layak digunakan pada proses pembelajaran.
References
Afifah, E. P., Wahyudi, & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 4(1), 95–107. Https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain In Science Subjects On 6th-Grade. Journal Of Education, 5(1), 37–47. Https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Asrial, H., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079. Https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555.
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. Http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms jurnal.
Darmawan Harefa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231–234. Http://journal.ipts.ac.id/index.php/ed/article/view/1540.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi Grade Of Senior High School Students. Journal Of Mathematics Education, 7(2), 109–122. Https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122.
Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452.
Haryanto, Asrial, M., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079.
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Tik Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Ipa Sma/Ma Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. Https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233.
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 1(1). Https://doi.org/https://doi.org.10.15294/jpii.v1i1.2010.
Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X Smk. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. Http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.
Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-Book Pada Materi Ipa. Elementary School, 4(2), 205–211. Https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika..
Nafisah, D., & Ghofur. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips. Eduteach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. Https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985.
Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas Viii Smp Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (Jktp) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263.
Nursmasu. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ict Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri Aceh Tamiang. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa (Jipi), 1(2), 165–170. Https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.
Saurina. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95–108. Https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri (Uin).
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. Https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(1), 88–99. Https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)