Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684Keywords:
penelitian pengembangan, power point, pendekatan kontekstual, hannafin and peckAbstract
Kurangnya media yang menarik membuat pembelajaran menjadi kurang optimal sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, perlu dikembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Power Point berbasis pendekatan kontekstual pada materi siklus air muatan IPA kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari tahap penilaian kebutuhan, tahap desain dan tahap pengembangan dan implementasi. mendeskripsikan validitas media Power Point berbasis pendekatan kontekstual menurut review ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Dalam pengembangan media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 88,33% dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini layak digunakan dalam pembelajaran karena dapat menarik minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran dalam jaingan dan dapat membantu siswa lebih fokus dalam belajar.
References
Agustiana, L., & Rusmana, I. M. (2018). Pemanfaatan Microsoft Power Point sebagai Alternatif Media. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 374–379. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10164.
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844.
Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. https://doi.org/http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187/3505.
Bagus, T., & Khuzaini, N. (2019). Pengembangan Program Microsoft Office Power Point Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–14. https://doi.org/http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/7099/.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.
Christopher, A. E., Waluyanto, H. D., & Wahyudi, A. T. (2019). Perancangan Board Game Pembelajaran Toleransi Terhadap Perbedaan Pada Pelajaran Ppkn. Jurnal DKV Adiwarna, 2(15), 1–9. https://doi.org/http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/9733.
Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in the Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.
Hendra Anggryawan, I. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(1), 19–28. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75.
Irfan, Muhiddin, & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/ index.php/IJPE/article/view/21765.
Iswanto, E., Suharmono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI), 1(2), 7–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.
Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886.
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.
Kurniati, & Perdana, D. C. (2018). Kajian Teori Mengenai Multimedia Interaktif Power Point Berbasis Konteks Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Universitas Ibn Khaldun, Bogor, 1, 382–388. https://doi.org/http://pkm.uika- bogor.ac.id/index. php/SNTP/article/view/282.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(01), 129. https://doi.org/https://jurnal.unived.ac.id /index.php/jmi/article/view/467.
Lohr, A., Stadler, M., Schultz-Pernice, F., Chernikova, O., Sailer, M., Fischer, F., & Sailer, M. (2021). On powerpointers, clickerers, and digital pros: Investigating the initiation of digital learning activities by teachers in higher education. Computers in Human Behavior, 119. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106715.
Monemi, R., Lufri, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Games Kuis Course Maze Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Peserta Didik Kelas Viii Smp Developing Interactive Multimedia Based on Power Point With Course Maze Games Kuis About Excretion Syste. Journal Biosains, 1(2), 252–260. https://doi.org/http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/56.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.
Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. 2(1), 109–116. https://doi.org/10.31226/osf.io/etg5n.
Sholiha, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Air dengan Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas X IPS Man Purwodadi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. https://doi.org/https://lib.unnes.ac.id/31728/1/3201412036.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (Issue January 2016). Universitas Pendidikan Ganesha.
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068.
Sumerta, I. W., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18085.
Sunarni, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 363–372. https://doi.org/http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.
Suwasono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940.
Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)