Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan

Authors

  • Erin Flowriza UNP
  • Rahmiati Rahmiati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35067

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran Praktik, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengganalisis evaluasi implementasi pembelajaran tematik selama pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi (Evaluation Research) dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara urutan pembuktian (sequential explanatory). Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini menggunakan pengolahan statistik dan pendekatan kualitatif. Metode pwngumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, maupun observasi kepada subjek penelitian. Responden penelitian evaluasi untuk pendekatan kuantitatif adalah mahasiswa semester 5 yang sedang mengambil Mata Kuliah Wajib (Pembelajaran Praktik) Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan yang telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Responden untuk penelitian kualitatif adalah staf pengajar Mata Kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Hasil penelitian menunjukkan untuk indikator hasil (product) implementasi pembelajaran praktek dimasa pandemi covid-19 program studi pendidikan tata rias dan kecantikan diperoleh sebesar 3,91 dengan tingkat pencapaian 78,22%. Dapat disimpulkan implementasi pembelajaran praktik selama pandemic covid-19 sudah berjalan dengan cukup baik. Namun pelaksanaan pembelajaran praktik masih menimbulkan beberapa kendala. Adanya evaluasi implementasi pembelajaran praktik dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi optimal.

References

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Mentari, T. A. S., & Rosalina, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan FPP UNP. Journal of Education Scienties, 2(2), 194–199. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Setiawan, W. & D. Y. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di STMIK Komputama Majenang. Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 16–25. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(1), 1–3.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo.

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkan Social Distancing. 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

Flowriza, E., & Rahmiati, R. (2021). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 179–183. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35067

Issue

Section

Articles