Minat Baca dan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43787Keywords:
Minat Kunjung, Mahasiswa, PerpustakaanAbstract
Perpustakaan perguruan tinggi merupakan lembaga yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika yang bersangkutan, melalui fungsinya memberikan layanan informasi, penyediaan sarana prasarana dan bahan pustaka serta menyimpan dan melestarikannya untuk berbagai kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat baca mahasiswa serta minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 413 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga didapatkan jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 81 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuisoner, dengan instrumen penelitia berupa 10 pertanyaan dengan jawaban setuju dan tidak setuju. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan bentuk tabulasi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca serta minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan masih tergolong rendah, hal ini ditunjukkan dari pernyataan mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari sumber bacaan di internet dibandingkan mencari dari buku. Peningkatan jumlah minat baca serta minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dapat dilakukan dengan meningkatkan pelayanan serta kelengkapan buku di perpustakaan.
References
Adryawin, I., Rohana, R., & Nurwahida, N. (2018). Strategi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lombok Tengah. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 199. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.376.
Afian, T., & Rizka, D. A. S. (2021). Inovasi Fasilitas Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 6. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083.
Al-husna, F. N. (2022). Best Pratice: Pemanfaatan “Taquo” Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Minat Kunjung Siswa Smp Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/ article/view/28599.
Ama, R. G. T. (2021). Minat Baca Siswa Ditinjau Dari Persepsi Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219–229. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.122.
Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.12.
Arkan, W. (2020). Implikasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mereduksi Kesulitan Membaca. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 32. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8237.
Candya, U. K. K. N., Daeli, S., & Kamelia, D. A. (2022). Digitalisasi Sistem Pendidikan Dengan Menerapkan Pembelajaran Hibrida Melalui Rekonstruksi Hukum Menggunakan Metode Cognate Bills. Jurnal Yustika: Media Hukum Dan Keadilan, 24(02), 103–118. https://doi.org/10.24123/yustika.v24i02.4597.
Choirul, I. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86.
Fahmi, A. (2020). Manajemen Perpustakaan Dan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.33394/jp.v3i1.3032.
Fithrotinnisa, A. L., & Lathifah, A. (2018). Motivasi Kunjungan Di Perpustakaan Akkes Asih Husada. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 61–70. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php /jip/article/view/22919.
Ginanjar, A. Y., Nugraha, F., & Nurhasanah, N. (2022). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493.
Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526.
Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14.
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289.
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius , Gemar Membaca , dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76–82. https://doi.org/http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article /view/1038/531.
Huda, M. (2018). Strategi Berpikir Integratif Dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum Di Sekolah Dasar. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995.
Huradju, S., Saleh, S. E., & Bahsoan, A. (2020). Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Intensitas Kunjungan Siswa Membaca. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 63. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.63-70.2019.
Irma, I. D. H., & Setiawan, Y. M. (2021). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.47165/ intancendekia.v2i1.53.
Karima, O. N. (2021). Pengelolaan Perpustakaan sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p85-96.
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169.
Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi Di Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Literasi, 4(1). https://doi.org/ 10.25157/literasi.v4i2.3900.
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361.
Mediana, P. A., Latifah, N., & Muttaqien, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Teori Taksonomi Ruddell pada Siswa Kelas 4 di Sdn Karawaci 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8225–8230. https://jptam.org/index.php/jptam/article /view/3689.
Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230.
Mirna, W., & Rambe, N. R. (2021). Pentingnya Skemata Dalam Pembelajaran Terhadap Proses Perkembangan Imajinasi Anak Melalui Kegiatan Membaca. Jurnal Maqasiduna, 1(1). https://journal.mukhlisina.id/index.php/maqasiduna/article/view/7/2.
Munawarah, S. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Basic Education Research, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.84.
Nugraha, A. P., Zulela, & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647.
Pamungkas, R. (2019). Implementasi HOT-Fit Model Dalam Evaluasi Perpustakaan Digital Universitas PGRI Madiun. Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), 84–89. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.44.
Prawastiyo, C. A., & Hermawan, I. (2020). Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 89–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i2.2784.
Rahmawati, M., & Nugraha, S. I. (2020). Peranan Keterampilan Membaca pada Proses Prapenerjemahan dalam Mencapai Kesepadanan Teks Terjemahan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i2.43.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343.
Sari, P. A. P. (2019). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.
Sarika, R. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437.
Suharyadi, A., & Saputra, B. D. (2020). Strategi Optimalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah Melalui Program “Kanji Kuper” SD Negeri Ngrancah. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(2), 156. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.1035.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Zamrodah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Top-Down Bottom-Up Mahasiswa Universitas Ma Chung. Jurnal Pendidikan, 15(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.2086.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fitri Yani, Muhammad Khoirul Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)