Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50730Keywords:
Program Adiwiyata, Sekolah Dasar, LingkunganAbstract
Adiwiyata diberlakukan dalam dunia pendidikan karena dalam pendidikan lebih mudah mempelajari serta mengembangkan seluruh ilmu pengetahuan, norma, serta etika guna mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yakni huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini yakni guru, kepala sekolah, dan ketua tim adiwiyata sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan dalam melaksanakan program adiwiyata sekolah membuat yang ada dalam peraturan berwawasan lingkungan, implementasi kurikulum berbasis lingkungan hidup, aktivitas lingkungan berbasis partisipatif dan pengaturan fasilitas sekolah. Penyusunan program adiwiyata terdapat peraturan jangka pendek dan jangka panjang yang ada didalam RKAS, sementara dalam implementasi program adiwiyata yaitu melaksanakan perencanaan yang ada didalam RKAS, dan setiap hari sabtu siswa melakukan pembiasaan berupa gerakan senam yang di lakukan di lapangan sekolah. Guru dan kepala sekolah melakukan evaluasi setiap setelah melakukan program adiwiyata, dan apa saja yang hendak di perbaiki agar tujuan dari program adiwiyata berjalan dengan lancar. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi dari pelaksanaan program adiwiyata, agar pelaksanaan program selanjutnya dapat terlaksana lebih baik.
References
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57 – 70. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057.
Arifatunnissak, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/11010/.
Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA NEGERI 4 PANDEGLANG. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25–37. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Education Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661.
Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal Of Geography, 49(1), 51 – 56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230.
Dr. Drs. Suparno, M. S. (2017). Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek. Dwiputra Pustaka Jaya.
Ellen, L. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwijaya dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 82–88. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1739.
Fadila, A., & Elfayetti. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA NEGERI 1 MEDAN. Jurnal Geografi, 9(2), 125–132. https://doi.org/. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901
Fajarisma, A, Adam, B. (2014). Fajarisma, A, Adam, B. Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. 2(2),. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 166–173.
Herlina, R. (2021). Implementasi Program Adiwiyata terhadap Penanaman Sikap Peduli Siswa pada Lingkungan Di SMK Negeri 1 Jaro. Jurnal Langsat, 8(1), 38–41. https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/1040.
Ikbar, Y. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif Panduan Membuat Tugas Akhir/ Karya Ilmiah. PT Refika Aditama.
Lismanita. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Serta Sikap Peduli Siswa Terhadap Lingkungan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Suska Riau.
Meika, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli terhadap Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617.
Mukhtar, R. (2015). Rencana pengembangan sekolah. Manajer Pendidikan, 9(3), 386–393. https://www.mendeley.com/catalogue/c184474d-3aa8-3827-86dd-578ddb9f5204/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B18c3c7fc-fc76-47f8-a573-f304f19f86bf%7D.
Mukminin, A., Iain, A.-A., Thahah, S., & Jambi, S. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16.
Nurmansah, R., & Retnowati, T. H. (2020). The evaluation of Heathy School Program at junior high school receiving the National Adiwiyata. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 146 – 155. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464.
Nuzulia, S., Sukamto, & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334.
Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 6(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011.
Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN Tanah Tebing Tinggi 3 Kota Tanggerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.
Rahmadiani, Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Ecological Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Teori, 4(4), 499–503. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12306.
Rahmah, Y. D., Indradi, S. S., & Riyanto. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/ 540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(4), 753–757.
Riyanti, E., & Maryani, Ik. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 125. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1256.
Rizka, S., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43618.
Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di Madrasah IBTIDAYAH. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133.
Rotari, S., & Komalasari, K. (2017). Peran Program Adiwiyata Mandiri Dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 42–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1177.
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.
Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan. Jakarta: Uwais Press. Uwais Press.
Simanjuntak, M. H. I. M., Budi, G. S., & Miranda, Y. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292.
Subianto, B, & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900.
Subianto, Bambang, & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1683–1689. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900.
Susilowati, Muhdar, M. H. I., & Budiasih, E. (2013). Modul Guru Pengolahan Sampah Berbasis 6M Mdul Pendukung Sekolah Adiwiyata. Universitas Negeri Malang.
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 8(2). https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177.
Wardani, D. N. K. (2019). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73.
Wulandari, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Di SMA 13 Palembang Uin Raden Fatah Palembang. Uin Raden Fatah Palembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nina Suryani, Febrina Dafit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)