Model Terbaik Si Pro: Manajemen Pembelajaran Kursus Bahasa Inggris pada Lembaga Pendidikan B’Wikan Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60149Keywords:
Manajemen pembelajaran, Bahasa Inggris, KursusAbstract
Manajemen pembelajaran dalam kursus Bahasa Inggris menjadi salah satu penentu keberhasilan pembelajaran yang berdampak nyata pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis model manajemen pembelajaran terbaik untuk kursus Bahasa Inggris Profesional di Institut B'Wikan Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui hal-hal yang mendasar dan sistematis, dimulai dengan pembuatan kalender akademik yang dibuat selama satu tahun sebagai acuan pelaksanaan program. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan penilaian kebutuhan belajar peserta kursus dengan bantuan tes praktik. Langkah selanjutnya dalam proses pelaksanaan pembelajaran adalah pembuatan RPP yang disesuaikan dengan Yayasan dan tata cara yang ditetapkan oleh Yayasan dan harus diserahkan kepada kepala sekolah satu jam sebelum kursus dimulai. Pembelajaran berlangsung secara interaktif dan mencakup semua kegiatan. Manajemen kursus bahasa Inggris B'Wika menggunakan komunikasi interaktif antara pengajar dan peserta, bahasa Inggris menjadi media komunikasi utama.
References
Anggresta, V., & Vhalery, R. (2021). Perbedaan Keterampilan Komunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dengan Berkirim Salam Dan Soal. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(2), 199–210. https://doi.org/10.24036/011132430.
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.
Azizah, N., Butar, B. B., & Wahyuni, I. T. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Dasar Bahasa Inggris Pada Tk an-Nuruddin Depok. ICIT Journal, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.33050/icit.v4i1.76.
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2), 80–94. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 80–94.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Harfiani, R., & Setiawan, H. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1977.
Haryantini, H., & syahnego, S. (2022). BEP Analysis & Risk Management In the Decision Making of the Declaration of Bankruptcy. Adpebi Science Series. Proceedings of Adpebi International Conference on Management, Education, Social Science, Economics and Technology (AICMEST), 1(1). http://series.adpebi.com/index.php/AICMEST/article/view/49.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Hidayati, A. (2010). Evaluasi Pemanfaatan Program Information Communication Technology (ICT) Menggunakan Model CIPP Pada Sekolah Menengah Di Kota Padang. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 40–46. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2244.
Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2019). Pengembangan Asesmen Autentik Berupa Penilaian Proyek. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 227–236.
Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227–234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174.
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.
Nadhif, M. (2019). Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di SD. Cordova Journal : Language and Culture Studies, 9(1), 52–71. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1776.
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 15. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72.
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923.
Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171 – 181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119.
Purnamasari, J. (2023). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris pada Mahasiswa Administrasi Bisnis di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.29341.
Rabbiyanti, E. N. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Exelentia Pamekasan Madura. Okara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 83 – 102. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.582.
Rose, J. A., O’Meara, J. M., Gerhardt, T. C., & Williams, M. (2016). Gamification: using elements of video games to improve engagement in an undergraduate physics class. Physics Education, 51(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/0031-9120/51/5/055007.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, January 2016, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/335541585%0AEvaluasi.
Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402.
Susanto, R., & Anti, M. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510.
Syahrani, S. (2022). Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 113. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.832.
Tamaji, S. T. (2018). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 107–122.
Umiyati, M., & Widayanti, N. M. C. (2022). Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak Anak Binaan di Desa Suwung yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar. Linguistic Community Services Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.55637/licosjournal.3.1.4778.9-15.
Utami, A. A., & Saraswati, T. G. (2018). Analisis Model Bisnis pada Bisnis Start-Up Web Hosting di Kota Bandung Mengguakan Business Model Canvas (Studi Kasus pada Qwords.com). E-Proceeding of Management, 5(2), 2538–2546. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php.
Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24.
Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093.
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4.
Zubaidah, S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. (2017). Evaluasi Program Sekolah Sehat Di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 72–82. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p72-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meiyana Ariss Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)