PEMBELAJARAN SOR SINGGIH BAHASA BALI DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TABANAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11961Abstrak
Penelitian deskriptif kulitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi pembelajaran sor singgih bahasa Bali dalam keterampilan berbicara di Kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2016/2017. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kualitaif. Subjek penelitian ini guru bahasa Bali di Kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sor singgih bahasa Bali dalam keterampilan berbiacara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Tahapan yang dilakukan dalam mendeskripsikan hasil penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran sor singgih bahasa Bali dalam keterampilan berbicara disusun berdasarkan prinsip RPP Kurikulum 2013 namun terdapat pula beberapa komponen yang kurang sesuai. (2) pelaksanaan pembelajaran sor singgih bahasa Bali dalam keterampilan berbicara sesuai dengan perencanaan di RPP, namun banyak juga yang kurang dilakukan oleh guru diantaranya dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. (3) evaluasi pembelajaran sor singgih bahasa Bali dalam keterampilan berbiacara belum dilaksanakan maksimal sesuai dengan yang tercantum di RPP. Jadi, dapat disimpulkan bahwa persentase kesesuaian perencanaan 70%, pelaksanaan pembelajaran 70%, dan evaluasi pembelajaran 75%. Guru bahasa Bali sebaiknya mencermati temuan ini untuk menyempurnakan tiga tugas pokoknya. Kepala sekolah dan pengawas hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini dalam kegiatan pemantauan supervisi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)