PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DENGAN MENGINSERSI BUDAYA LOKAL DALAM TEMA KEGEMARANKU UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita berdasarkan muatan sikap dan literasi dini pada tema Kegemarankuserta mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran. Pengembangan buku cerita anak dilakukan dengan menginsersi budaya lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan buku cerita anak berjudul “Luh Gendis Sang Penari” dapat memuat budaya lokal berbasis muatan pelajaran yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual seperti (berprilaku syukur dan toleransi dalam beribadah), sikap sosial seperti (toleransi, kerja sama dan tanggung jawab), membaca awal seperti (membaca nyaring dan lancar dengan kalimat sederhana) dan menulis awal seperti (menulis kata sederhana). Setelah mengimplementasikan buku cerita tersebut dalam pembelajaran, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa buku cerita anak tersebut efektif digunakan sebagai buku pendamping pada Kurikulum 2013.Unduhan
Diterbitkan
2017-10-05
Cara Mengutip
Pratiwi, N. (2017). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DENGAN MENGINSERSI BUDAYA LOKAL DALAM TEMA KEGEMARANKU UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)