PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DI KELAS IV SD GUGUS I KUTA UTARA

Penulis

  • Ni Ketut Luh Megawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11990

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran whole language terhadap keterampilan menulis ditinjau dari motivasi berprestasi di kelas IV SD Gugus I Kuta Utara.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2.Populasi berjumlah 483 orang siswa,            dan sampel berjumlah 100 orang siswa ditarik secara random. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner dan data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes kinerja.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava dua jalur (Anava AB) dan uji t-scheffee. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis, 3) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dansiswa yang mengikuti  pendekatan pembelajaran konvensional, 4) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah terdapat perbedaan keterampilan menulis  antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional

Diterbitkan

2017-10-05

Cara Mengutip

Megawati, N. K. L. (2017). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DI KELAS IV SD GUGUS I KUTA UTARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11990

Terbitan

Bagian

Articles