PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan post test only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini ialah SD Negeri 1 Bukti yang berjumlah 20 siswa dan SD Negeri 8 Kubutambahan yang berjumlah 21 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda.  Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model think pair share berbantuan power point dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Referensi

Astawan, Gede. 2010. Dasar-dasar TIK. Singaraja: FIP Undiksha.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif, Cetakan Pertama. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Raditya, I Wayan. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadiman, Arief S. dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Cetakan Pertama. Jakarta: PT Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sujiantari, Ni Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Study Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 7. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi 1, Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutarminingsih, Ni Pt. Evi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Sutrisni, Ni Wyn. Paris. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Yanti, Ni Wayan Widya. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn”. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Diterbitkan

2018-05-04

Cara Mengutip

Citra Wibawa, I. M. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975

Terbitan

Bagian

Articles