PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Ni Kd Dewiyanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VIII Mengwi, Badung yang berjumlah 243 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 4,10> ttabel = 2,000  dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas IV SD Gugus VIII Mengwi, Badung. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelompok eskperimen  = 79,35 >  = 72,85 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha

Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontestual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nopiani Erlin, dkk. 2013. Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Ular Tangga Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesh. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3010/2494 (diakses tanggal 4 Februari 2017), Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1-10)

Setyosari, Punaji, 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenanda Media Grup

Suarni, Putu. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Di Gugus Iii Kecamatan Banjar.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file: index.php/JJPGSD/article/view/912/782 (diakses pada tanggal 20 Juli 2017), Volume 1. Nomor 1 (hlm. 1-10)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Taniredja, dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, cv

Diterbitkan

2018-05-04

Cara Mengutip

Dewiyanti, N. K. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977

Terbitan

Bagian

Articles