PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VIII Mengwi, Badung yang berjumlah 243 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 4,10> ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas IV SD Gugus VIII Mengwi, Badung. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 79,35 > = 72,85 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung.Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha
Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontestual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Nopiani Erlin, dkk. 2013. Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Ular Tangga Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesh. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3010/2494 (diakses tanggal 4 Februari 2017), Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1-10)
Setyosari, Punaji, 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenanda Media Grup
Suarni, Putu. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Di Gugus Iii Kecamatan Banjar.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file: index.php/JJPGSD/article/view/912/782 (diakses pada tanggal 20 Juli 2017), Volume 1. Nomor 1 (hlm. 1-10)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Taniredja, dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, cv
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)